membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Awas! Modif Vespa Risiko Terbesar Dapat Ganti Ecu

Vespa Foto: Dok. VespaVespa Foto: Dok. Vespa

Jakarta - Bagi pencinta modifikasi, apapun jenis motor yang dimiliki niscaya tak luput dari banyak sekali penambahan sampai penggantian part tertentu demi mencapai tampilan yang diinginkan. Namun kurangnya pemahaman terhadap motor sanggup berakibat efek yang sangat besar sampai bisa merugikan dompet anda.

Vespa merupakan salah satu jenis motor yang sangat rentan akan kerusakan jikalau dilakukan perubahan oleh tangan yang tidak profesional. Bongkar pasang komponen di bengkel umum cenderung beresiko fatal dikarenakan kurang pemahaman mekanik terhadap organ vital Vespa.



"Vespa itu tidak sama menyerupai skuter Jepang kebanyakan, susunan dan teknologinya sangat berbeda dengan kita. Tapi ngga bisa dipungkiri juga mekanik yang biasa megang motor Jepang merasa udah bisa menangani motor Eropa padahal beda banget." ujar Technical Trainer Manager PT Piagio Indonesia, Yudi Riswanto," usai melaksanakan Iconic Ride Bali-Bromo sekaligus merayakan 50th Anniversary Vespa Primavera (17/12/2018).

Bagian Vespa yang sangat rentan kerusakkan dan sangat merugikan konsumen jikalau mengalami kerusakan yaitu pada komponen kelistrikan atau ECU. Yudi menyampaikan seringkali mendapat konsumen yang mengalami kerusakkan pada bab tersebut sehabis menambahkan sejumlah aksesoris tanpa mempertimbangkan resikonya.



"Yang banyak kena itu biasanya ECU alasannya jalur kabel kita kan agak antik, beda dengan motor jepang. Contoh 946 ganti sen kecil variasi gitu di bengkel umum cabut kabel kena dashboard dan blank, harganya kan tidak mengecewakan tuh dashboard 946," kenang Yudi.



Yudi menyampaikan konsumen Vespa di Indonesia memang sangat menyukai penambahan aksesoris pada Vespa. Untuk aksesoris resmi dari Vespa saja, Indonesia menempati urutan kedua sehabis Italia atas pembelian aksesoris Vespa. "Indonesia ini penjualan aksesorisnya terbesar ke dua di dunia sehabis itali untuk vespa," ungkap Yudi.

Pada kesempatan yang sama, Public Relation and Communication Specialist PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal menyarankan untuk tidak melaksanakan modifikasi atau penambahan aksesoris pada bab yang terhubung dengan kelistrikan. "Kita menyarankan ganti yang berurusan dengan kelistrikan diusahakan jangan, sayang banget."
Back To Top