membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Cara Memakai Alat Ukur Califer Gauge

Banyaknya jenis-jenis alat ukur pada bidang otomotif  mengakibatkan kita lebih gampang untuk mengetahui hasil dari setiap komponen-komponen pada mesin. Jika sebuah komponen tidak sanggup diukur memakai alat pengukuran A, maka kita sanggup memakai alat pengukuran B dan juga kalau tidak sanggup juga memakai alat ukur Adan B, kita sanggup memakai kombinasi alat ukur C dan D.

 mengakibatkan kita lebih gampang untuk mengetahui hasil dari setiap komponen Cara Menggunakan Alat Ukur Califer Gauge
Califer gauge


Itulah fasilitas - fasilitas alat ukur dibidang otomotif. Dari mulai pengukuran dengan ketelitian 1 mm hingga yang paling kecil yaitu 0,01 mm ( 1/100).  Califer Gauge yaitu alat ukur yang memakai dial gaug / dial tester indikator. Ada dua jenis califer gauge yang dipakai yaitu inside califer dan outside califer.

Inside califer biasanya dipakai untuk mengukur komponen-komponen pada mesin yang memerlukan pengukuran dengan hasil presis.Inside califer gauge dipakai untuk mengukur diameter dalam sebuah lubang silinder yang tidak sanggup diukur memakai inside micrometer.

Bagian-bagian feeler gauge
Hal-hal yang harus kau biasakan dan perhatikan ketika penggunaan alat ukur yaitu pastikan alat ukur yang akan kau gunakan dalam keadaan bersih. Karena kalau alat ukur tersebut kotor, maka dikhawatirkan hasil pengukuran akan meleset.

Selain itu cara pengukurannya juka benar sesuai standar operasional penggunaan alat tersebut. Jika kita tidak tahu cara pengguaan alat tersebut, kita sanggup melihat buku manual penggunaan alat tersebut.

Adapun cara penggunaan alat ini yaitu :

1. Ukurlah diameter dalam (inside diameter ) dengan vernier califer ( jangka sorong ). Katakanlah hasil pengukurannya yaitu 10,40 mm. Selanjutnya masukkan hasil pengukuran tersebut pada setingan outside micrometer yang mendekati hasil pengukuran pada vernier califer dengan kelipatan dari 0,5 mm. Maka kita dapati nilainya yaitu 8,50 mm.

 mengakibatkan kita lebih gampang untuk mengetahui hasil dari setiap komponen Cara Menggunakan Alat Ukur Califer Gauge
Menyeting califer gauge pada outer micrometer


2. Tempatkan kaki-kaki califer gauge diantara anvil dan spindle pada outside micrometer. Gerakkan califer gauge hingga didapat angka yang paling kecil. Kemudian putarlah outer ring hingga angka nol lurus dengan jarum penunjuk.

3. Tekan tombol califer gauge lambat-lambat  letakkan lug pada pecahan dalam pekerjaan dan bebaskan tombol. Gerakkan caliper hingga didapat pembacaan terkecil. kalau pembacaan menawarkan angka 0,09 mm, itu artinya diameter dalam yaitu 0,09 lebih kecil dari 8,50 mm. Makara diameter dalamnya itu 8,50 mm - 0,09 mm = 8,41 mm.

Tag : pengukuran
Back To Top