membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Lihat Lagi Gaya Putra Sulung Joko Widodo Naik Royal Enfield Kustom

Gibran Rakabuming dan Motor Modifikasi. Foto: Instagram/katrosgarageGibran Rakabuming dan Motor Modifikasi. Foto: Instagram/katrosgarage

Jakarta - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, menyukai sepeda motor. Beberapa kali Gibran memesan motor kustom. Terakhir, putra Jokowi itu memesan motor kustom dengan konsep mini moto bike.

Sebelum motor mungil itu, Gibran juga sudah punya motor kustom berbasis Royal Enfield Classic 500 Battle Green. Motor tersebut diubah tampilannya oleh bengkel Katros Garage. Motor itu dibentuk dengan konsep bobber.

Motor Royal Enfield berkelir hijau tersebut tampil lebih macho. Motor dibentuk lebih kekar, terutama di bab kaki-kaki dengan ban besar ala motor bobber. Jok motor diubah menjadi single seat dengan gaya drop seat. Yang unik lagi yaitu bab knalpot dengan silincer yang mengarah ke atas.



Pemilik bengkel Katros Garage, Atenx, mengungkapkan anak sulung Presiden itu merasa kurang sreg jikalau motornya tidak dikustom. Karena sudah banyak juga motor serupa yang berkeliaran di jalanan daerah tinggal Gibran.

"Sebenarnya ia kustom motornya ini sesudah enam bulan ia pakai, ia lihat sudah banyak yang sama di Solo yang pakai motor menyerupai dia," ujar Atenx.

Ubahan yang dilakukan tidak banyak mengubah aksara orisinil motor asal India tersebut.

"Nggak banyak diubah alasannya yaitu si Royal Enfield ini sudah punya soul-nya sendiri, mas Gibran pun nggak mau hilangkan jati dirinya itu. Kaprikornus orang kalau lihat nggak tahu, tapi RE ini sudah dikustom," ujar Atenx.



Meski tidak banyak ubahan yang dilakukan bukan berarti benar-benar tidak ada ataupun hanya bagian-bagian kecil saja yang diubah, alasannya yaitu cukup sulit rasanya meng-kustom sebuah motor yang punya aksara kuat, dan konsumen tidak ingin aksara tersebut hilang.

"Ubahan ban pakai dual purpose, spak bor depan belakang diganti ukurannya lebih kecil, spion aftermarket, bab jok ganti, kalau standarnya ada per gitu di bawah jok, gua ganti droop seat, terus cover lampu headlamp-nya itu dipanjangin 5 cm," tutur Atenx.

Selanjutnya ubahan juga dilakukan pada bab stang. Stang orisinil disimpan, diganti dengan stang yang biasa digunakan pada motor kustom jenis cafe racer, namun posisinya diubah oleh Ateng menjadi lebih tinggi biar posisi berkendara tetap dalam kategori nyaman.

"Stang aftermarket aslinya kan club man untuk cafe racer cuma gua pakai di motornya mas Gibran ini di balik jadi tinggi, untuk sitting postur sih antara stang, footstep, sama jok, biar nyaman," tutur Ateng.



Selanjutnya ubahan juga dilakukan pada bab kaki-kaki, yakni memperpanjang swing arm motor. Selain itu, yang paling terang yaitu ubahan knalpot.

"Swing arm gua panjangin 3 cm, alasannya yaitu request-nya ia (Gibran) juga, tapi bawaan standarnya nggak mau di rusak, jadi gua bikin arm baru, kustom, yang original disimpan. Knalpot handmade pakai pipa materi stainless steel 2,5 inci, cuma di dalamnya gua pakain sarang tawon biar nggak terlalu berisik suaranya," kata Ateng.

Terakhir yang mungkin tidak terlihat menyerupai ada ubahan yaitu balutan cat motor, Kata Ateng dirinya harus mengcat ulang seluruh bab motor meski kesannya tidak terlihat menyerupai diubah.

"Kan aslinya RE Battle Green hijau semua warnanya, tapi di sini gua kombinasikan sama warna hitam di beberapa bagiannya," lanjut Ateng.

Pengerjaan sendiri sudah dilakukan sebelum bulan bulan berkat lalu, dan selesai sesudah dua ahad bengkel buka alasannya yaitu terpotong libur lebaran.

"Untuk cat gue tetap warna hijau sesuai STNK, hanya gue ubah bab striping-nya jadi warna krem dengan motif list simpel. Kalau nggak kepotong libur lebaran dan re-paint tadi mungkin sebelum lebaran sudah selesai," tuturnya.

Jokowi sempat melihat eksklusif motor Gibran tersebut. Komentar pun tiba dari orang nomor satu di RI tersebut.



Atenx yang menggarap motor bobber milik Gibran, menyebut Jokowi tidak terlalu banyak berkomentar ketika melihat motor kustom anaknya itu.

"Cuma bilang bagus, terus nanya spesifikasinya apa saja," kata Atenx.

Malah, orang nomor satu RI itu justru meminta saran menyerupai apa baiknya ubahan-ubahan yang dilakukan jikalau mau mengoprek motor choopernya.

Atenx mengaku ubahan pada Royal Enfield berkelir hijau itu tidak banyak berubah.

"Ada tambahan-tambahan sedikit. Yang pas banget gres jadi itu minta tambahin grille headlamp, sama joknya. Jok yang pertama kan kulit orisinil warna coklat, kalau ini pakai kulit sintetis warna hijau ngikutin bodinya," kata Atenk ketika berbincang dengan detikOto melalui sambungan telepon belum usang ini.

Menurut Atenk, Gibran bekerjsama sudah merasa puas dengan motor modifikasinya itu. Terlebih, sesudah dimodifikasi getaran khas motor Royal Enfield berkurang.

"Dia bahagia kok. Getarannya sedikit berkurang. RE (Royal Enfield) kan populer getaran mesinnya. Dia bilang sesudah dimodif ini getarannya cukup berkurang. Karena memang kalau dari spek, bab swing arm dibikin gres semua," ucap Atenk.




Simak juga video 'Classic 500 Pegasus 'Motor Perang' Terbaru dari Royal Enfield':

[Gambas:Video 20detik]

Tag : Profil
Back To Top