membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Wah Abnormal Sih! Harley-Davidson Ini Gendong 2 Mesin V-Twin

Harley-Davidson Foto: pool (bikeexif)Harley-Davidson Foto: pool (bikeexif)

Jakarta - Ada-ada saja memang pandangan gres modifikasi, untuk yang satu ini patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, Harley-Davidson ini gendong dua mesin V-Twin sekalgus, dan menjadi motor bergaya Drag Bike yang menakutkan.

Seperti dikutip bikeexif, Jumat (28/12/2018), modifikasi ajaib ini memang bukan halyang baru. Karena memadukan dua mesin V-Twin itu penah terkenal pada pertengahan 70-an, dan dilakukan oleh Bonnie Truett menghubungkan sepasang motor Sportster dan menyuntikkan nitro. Satu dekade kemudian, Elmer Trett membuat sepeda bermesin ganda yang bahkan lebih cepat, menjadi 'Freight Train' yang bisa berlari seperempat mil dalam waktu kurang dari tujuh detik.

Harley-Davidson Harley-Davidson Foto: pool (bikeexif)


Meski demikian modifikasi Harley-Davidson ini gres pertama kali dilakukan di Jepang, dan dibangun oleh modifikator Kentaro Nakano dari bengkel modifikasi Hot Chop Speed Shop di Kyoto.

"Saya memulai proyek ini pada Desember 2017. Ini merupakan penghargaan untuk pembalap drag tahun 1970-an, memakai mesin Sportster XLCH," kata Nakano.

Untuk mesin bab depan, dikatakan modifikasi Harley ini mengusung mesin Vintage Ironhead kelahiran 1969. Bahan bakar diukur melalui karbohidrat S&S Super B (yang pertama kali dijual di pasaran pada tahun 1975).

Nakano juga telah mengubah timing mesin, untuk membuat celah di antara pulsa knalpot. Saat idle, 'Double Trouble' terdengar ibarat Harley biasanya, namun pada putaran tinggi, lebih ibarat mesin multi-silinder Jepang.

Plat penghubung menghubungkan V-twins bersama-sama, dan poros keluaran dihubungkan ke dua drive utama, satu dari Sportster model ketika ini, dan satu lagi dari tur Big Twin modern.

Harley-DavidsonHarley-Davidson Foto: pool (bikeexif)


Dan untuk lebih memperhalus transmisi Nakato pasangan Four Speed Box dari Big Twin kelahiran 1980.

Dengan powertrain diurutkan, Nakano mengalihkan perhatiannya ke bingkai. Ini yaitu urusan yang sepenuhnya dibentuk khusus, memakai pipa baja, dengan garpu dari Ducati 750 Imola pada bab depan dengan sedikit modifikasi.

Nakano telah menentukan roda aluminium, 18 inci pada bab depan dan belakang, dan keduanya dikawinkan dengan pelek tipe-H klasik.

Selanjutnya dikatakanrem depan diraih seorang jago Minnesota Airheart, perusahaan yang dekat dengan persyaratan balap drag. Sedangkan rem belakang berasal dari perusahaan California, Wilwood.

Harley-DavidsonHarley-Davidson Foto: pool (bikeexif)


Kokpitnya sederhana dengan tachometer Harley 1970-an sempurna di depan. Bodywork aluminium minimalis namun terlihat ekstrem disajikan ibarat duduk di atas tabung bingkai, dan epilog pada belakang kursi.

Untuk jok, Atelier Cherry mengirimkan alas jok kulit yang dijahit tangan, yang seakan-akan sudah beroperasi semenjak 70-an. Bagaimana Otolovers, keren tidak?
Back To Top