membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Mobil Modif Keren Cewek Berkerudung Ini Habiskan Rp 400 Juta

Daihatsu Sirion Foto: Rizki Pratama/detikOtoDaihatsu Sirion Foto: Rizki Pratama/detikOto

Jakarta - Hobi Modifikasi kendaraan beroda empat bukan hanya milik para kaum Adam. Di zaman yang menuntut keseteraan gender ini semua mendapat hak sama tanpa mempermasalahkan jenis kelamin.



Sama halnya dengan salah seorang anggota Ladies Car Community, Jehan Abdat yang memodifikasi Mobil Daihatsu Sirion tahun 2008 miliknya habis-habisan. "Referensinya dari sharing komunitas ladies car comm, kadang cari ide sendiri, atau sharing sama suami yang kebetulan juga hobi otomotif."

Sirion milik Jehan dipercayakan kepada Turani Custom Management untuk melaksanakan perubahan mulai dari eksterior, interior, engine, audio, hingga kaki-kaki. Modifikasi dilakukan oleh Jehan secara sedikit demi sedikit semenjak tahun 2013 lalu.

Daihatsu SirionDaihatsu Sirion Foto: Rizki Pratama/detikOto


Nah, apa saja sih metamorfosis yang dialami oleh Sirion ini? Mobil ini dibentuk lebih chuby dengan penambahan bumper depan dan belakang serta pelebaran body D 7cm dan Body B 10 cm. Selain itu sebagian atap dipotong untuk dipasangi Panoramic Roof. Agar tampak bernafsu dua muffler HKS menjadi susukan pembuangan si Sirion ini. Secara elegan warna bunglon 6 warna yang menonjolkan warna ungu menyempurnakan tampilan luarnya.



Pada bab interior, warna pink sangat kental pada banyak sekali sisi. Kursi dan lapisan dashboard hingga sarung stir didominasi warna khas perempuan itu. Dibalik warna pink interior ini ditanamkan banyak sekali perangkat pengeras bunyi untuk sarana hiburan. Pada bab bagasi menyerupai biasanya dalam kendaraan beroda empat custom akan ramai dengan speaker dan banyak sekali peranti audiovisual.

Daihatsu SirionDaihatsu Sirion Foto: Rizki Pratama/detikOto


Lanjut ke dapur pacu, Sirion ini melaksanakan swap engine turbo ke Daihatsi YRV k3vet. Menghasilkan tenaga yang lebih besar dari aslinya yang disalurkan pada velg Vienna Dish berukuran 18 inchi. Jehan mengaku pernah memacu mobilnya tersebut hingga pada kecepatan 160 km/h. "Kecepatan maksimal yang pernah dicapai 160 kali ya," ungkapnya Santai.



Meskipun ceper kendaraan beroda empat ini tetap digunakan sehari-hari oleh Jehan untuk mengantarkan anaknya sekolah. "Ini digunakan harian, dapat diadaptasi pakai air suspension," ungkap Jehan. Turut serta dalam Daihatsu Dress-Up Challenge di Istora Senayan pada 1-2 Desember 2018, Sirion milik Jehan tak ada yang menyangka dimiliki seorang perempuan berkerudung ini.

Jehan mengaku memulai modifikasi kendaraan beroda empat semenjak melihat hasil modifikasi Sirion Kupu-kupu Malam. "Awalnya modif gara sirion kupu kupu malam. Lihat sirionnya kan cakep ya kesudahannya ya udah coba-coba kecanduan jadi manjang."
Untuk dana yang dipersiapkan, Jehan mengaku menghabiskan lebih dari Rp 400 juta untuk modifikasi Daihatsu Sirion miliknya. "Secara keseluruhan dihitung dari 2013 mungkin Rp 400 juta, itu ga eksklusif hingga jadi menyerupai ini tapi bertahap," ungkapnya.
Back To Top