membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Gokil, Mesin V6 Dari Kendaraan Beroda Empat Maserati Dicangkok Ke Motor

Mesin Maserati Dipakai Motor Modifikasi. Foto: IstimewaMesin Maserati Dipakai Motor Modifikasi. Foto: Istimewa

Jakarta - Dalam dunia modifikasi tidak ada yang tidak mungkin dilakukan. Apa pun ide yang ingin direalisasikan dapat terwujud dengan aneka macam cara trik tertentu. Salah satunya modifikasi dapur pacu sebuah motor kustom yang digarap oleh Chris Barber dari Crossberd Cycles.

Mesin buatan Italia mempunyai sesuatu yang unik dan memang tak diragukan lagi, sebut saja Ducati, Aprilia, Moto Guzzi dan masih banyak lainnya. Namun kali ini Barber tidak tertarik memakai mesin dari kendaraan roda dua sebagai sokongan proyek modifikasi melainkan mesin kendaraan beroda empat Italia.



Chris Barber menentukan mesin Maserati V6 dengan desain mesin yang lebih kecil jikalau dibandingkan dengan mesin besar V8 dan V12 dari produk Italia tersebut. Mesin di motor ini pada awalnya dipakai di Maserati Merak dan Citroen SM.

Barber menentukan mesin ini alasannya ialah panjangnya yang sangat pendek yaitu 13 inci dari depan ke belakang. Rantai cam membentang melalui tengah-tengah mesin serta pompa air dan oli internal menimbulkan desain ringkas mesin ini sangat cocok untuk sepeda motor.



Karena ini bukan mobil, sisa drivetrain sepeda motor harus diubahsuaikan dengan mesin Maserati. Barber memakai Baker Frankentranny, lengkap dengan kick-start dengan kopling S&S dan rantai pelopor utama khusus. Semua komponen ini menyebarkan oli dari kolam mesin. Sebuah alternator dan rotor Ducati ST2 menjadi sumber daya untuk kunci kontak.

Sisa pengerjaan motor sepenuhnya dibentuk khusus di sekitar mesin Maserati yang duduk melintang ibarat Moto Guzzi atau Honda CX500. Otolovers dapat melihat lebih detail pengerjaan dan hasil motor ini di situs Crossberd Cycle, siapa tahu dapat menjadi wangsit modifikasi.
Back To Top