Tekanan udara pada ban yakni faktor penting bagi kemampuan dan keselamatan berkendaraan. Meskipun ban dibentuk dari materi yang rapat, namun udara masih sanggup bocor walaupun sedikit.
Oleh lantaran itu tekanan ban harus diperiksa secara teratur biar ban sanggup bekerja secara maksimal dan mengurangi kerusakan yang lebih cepat pada ban.
Perawatan pada ban sangat mudah, tidak sesulit komponen - komponen kendaraan beroda empat yang lain. Karena pada dasarnya, prinsip perawatan ban yakni habis pakai ganti. Ban tidak sanggup diperbaiki, melainkan harus diganti kalau keausan maksimal sudah terjadi. Selain faktor perawatan yang baik, cara pengendaraan juga memperangruhi faktor penggunaan ban.
A. Adapun faktor - faktor yang diakibatkan pada tekanan ban yaitu :
1. Tekanan Udara Ban yang Berlebihan
Tekanan udara yang berlebihan sanggup mengakibatkan :
a. Kemampuan pengereman dan stabilitas berkendara berkurang.
b. Kenyamanan berkendara berkurang.
c. Bagian tengah tread aus lebih cepat.
d. Lapisan benang ban terlalu tegang dan gampang rusak lantaran adanya tumbukan dari luar.
e. Lapisan tread gampang terkelupas lantaran panas ukiran terkonsentrasi pada cuilan tengah tread.
2. Tekanan Udara Ban yang Kurang
Tekanan udara yang kurang sanggup mengakibatkan :
a. Gesekan ban dengan jalan bertambah sehingga menyerap tenaga.
b. Kemudi bertambah berat.
c. Tepi ban aus lebih cepat.
d. Ban menjadi terlalu elastis sehingga temperatur dalam ban bertambah, dan ban sanggup pecah pada kecepatan tinggi.
e. Pada kecepatan tinggi cenderung terjadi standing wave dan hydroplaning ( ban mengambang ) pada genangan air.
B. ROTASI BAN
Pada umumnya ban depan pada kendaraan yang berpenggerak roda belakang keausannya lebih cepat 20-30 % dari pada roda belakang. Ini dikarenakan ban depan memikul beban mesin yang berat dibanding roda belakang dalam kondisi normal. Selain itu, ban depan mempunyai referensi dalam melibas jalanan, sedangkan ban belakang sifatnya yang hanya mengikut pada roda depan. Atas dasar tersebut, maka kita harus melaksanakan rotasi ban yang bertujuan biar keausan yang terjadi pada setiap ban menjadi sama.
Keausan yang sama pada ban akan sangat bermanfaat dari faktor pengendalian kendaraan dan juga ketika proses penggantian. Sehingga ketika penggantian ban sama semua, maka kekuatan yang dimiliki setiap ban juga sama.
Keausan pada tepi cuilan luar lebih cepat, penyebabnya yakni :
a. Pada umumnya beban bekerja lebih besar pada roda depan dibanding roda belakang.
b. Pada ketika membelok beban terbesar bekerja pada roda depan cuilan luar.
c. Pada roda depan terdapat camber dan toe in
1. Rotasi Pada Ban Bias
Rotasi pad aban bias |
Ban bias dipindahkan ke sisi lain dengan arah putaran yang sama dengan arah putaran ban sebelumnya.
2. Rotasi Pada Ban Radial
Rotasi pada ban radial |
Tag :
tips dan trick