Pemeriksaan kondisi pedal rem kendaraan beroda empat harus sering dilakukan, ini alasannya yaitu memang ketinggian pedal rem semakin usang digunakan maka ketinggiannya akan semakin rendah. Banyak faktor yang menimbulkan hal ini terjadi, diantaranya yaitu gaya tekan yang diterima berulang-ulang dari injakan pengemudi dan jumlah volume minyak rem yang mulai berkurang.
Ketinggian pedal rem yang tidak sesuai dengan standar ukuran pabrik akan menimbulkan seorang pengemudi tidak merasa nyaman dalam mengendalikan rem. Akhirnya sistem rem pun sanggup jadi tidak akan bekerja secara maksimal juga.
Oleh alasannya yaitu itu investigasi kondisi pedal rem kendaraan beroda empat memang harus diperhatikan. Tidak harus membawa ke bengkel, anda cukup menyediakan alat - alat ukur sederhana yang ada disekitar kita. Selian itu, proses investigasi juga sanggup kita rasakan pada ketika kita menginjak pedal rem.
Hal yang perlu diperhatikan ketika anda berulang - ulang menginjak pedal rem yaitu pastikan kondisi mesin kendaraan beroda empat hidup, alasannya yaitu dikhawatirkan kalau mesin kendaraan beroda empat mati hal ini akan berakibat jelek yang akan menimpa booster. Pada ketika mesin mati, maka tidak akan terjadi hisapan ( vakum ), kalau pedal rem terus menerus kita injak, maka akan menjadikan karet pada booster akan melipat dan tidak akan bekerja secara maksimal. Rusaknya booster akan menjadikan gaya yang dibutuhkan untuk menginjak pedal rem semakin berat ( besar ) alasannya yaitu tidak adanya proteksi dari booster.
Adapun hal - hal yang harus dilakukan pada investigasi kondisi pedal rem kendaraan beroda empat yaitu :
1. Pemeriksaan Kondisi Pedan Rem
Periksa dan pastikan bahwa pada pedal rem tidak terdapat duduk perkara ibarat dibawah ini.
Pedal tidak sanggup bergerak penuh sampai ke bawah
Bunyi tidak normal
Tedapat speeling ( jarak awal hingga tertekan ) yang melebihi spesifikasi
2. Tinggi Pedal Rem
Gunakan mistar penggaris, ukurlah tinggi pedal rem dari lantai kendaraan, kalau diluar spesifikasi stel tinggi pedal. Jika tinggi bebas pedal rem diluar spesifikasi lakukan penyetelan dengan mengendorkan lock nut dan memutar push rod kekiri atau kekanan hingga didapat ketinggian pedal yang sesuai dengan spesifikasi tinggi pedal. Kencangkan nut ( mur ) semoga push rod tidak berubah posisi.
3. Pemeriksaan Free Play Pedal Rem
Dalam kondisi mesin mati, Injak pedal rem beberapa kali untuk menonaktifkan boster rem.
Kemudian tekan pedal rem memakai jari tangan dan ukurlah free play pedal rem memakai mistar
4. Pemeriksaan Jarak Cadangan Pedal Rem
Dalam kondisi mesin hidup dan rem tangan pada posisi bebas. Injak pedal rem dengan kekuatan 50kgf, dan ukur jarak pedal yang tersisa dari lantai memakai mistar.
Ketinggian pedal rem yang tidak sesuai dengan standar ukuran pabrik akan menimbulkan seorang pengemudi tidak merasa nyaman dalam mengendalikan rem. Akhirnya sistem rem pun sanggup jadi tidak akan bekerja secara maksimal juga.
Oleh alasannya yaitu itu investigasi kondisi pedal rem kendaraan beroda empat memang harus diperhatikan. Tidak harus membawa ke bengkel, anda cukup menyediakan alat - alat ukur sederhana yang ada disekitar kita. Selian itu, proses investigasi juga sanggup kita rasakan pada ketika kita menginjak pedal rem.
Hal yang perlu diperhatikan ketika anda berulang - ulang menginjak pedal rem yaitu pastikan kondisi mesin kendaraan beroda empat hidup, alasannya yaitu dikhawatirkan kalau mesin kendaraan beroda empat mati hal ini akan berakibat jelek yang akan menimpa booster. Pada ketika mesin mati, maka tidak akan terjadi hisapan ( vakum ), kalau pedal rem terus menerus kita injak, maka akan menjadikan karet pada booster akan melipat dan tidak akan bekerja secara maksimal. Rusaknya booster akan menjadikan gaya yang dibutuhkan untuk menginjak pedal rem semakin berat ( besar ) alasannya yaitu tidak adanya proteksi dari booster.
Adapun hal - hal yang harus dilakukan pada investigasi kondisi pedal rem kendaraan beroda empat yaitu :
1. Pemeriksaan Kondisi Pedan Rem
Kondisi pedal rem |
Periksa dan pastikan bahwa pada pedal rem tidak terdapat duduk perkara ibarat dibawah ini.
Pedal tidak sanggup bergerak penuh sampai ke bawah
Bunyi tidak normal
Tedapat speeling ( jarak awal hingga tertekan ) yang melebihi spesifikasi
Tinggi pedal rem |
3. Pemeriksaan Free Play Pedal Rem
freeplay pedal rem |
Dalam kondisi mesin mati, Injak pedal rem beberapa kali untuk menonaktifkan boster rem.
Kemudian tekan pedal rem memakai jari tangan dan ukurlah free play pedal rem memakai mistar
Catatan :
Pada kendaraan yang memakai hydraulik brake booster, untuk menonaktifkan kerja booster sanggup dilakukan dengan menginjak pedal rem minimum 40 kali
Jarak cadangan pedal rem |
Dalam kondisi mesin hidup dan rem tangan pada posisi bebas. Injak pedal rem dengan kekuatan 50kgf, dan ukur jarak pedal yang tersisa dari lantai memakai mistar.
Tag :
chasis