Pengukuran merupakan salah satu faktor yang sangat fital dalam memperbaiki sebuah komponen ataupun peralatan otomotif. Dengan adanya pengukuran maka kita sanggup menyimpulkan apakah sebuah komponen tersebut layak atau tidak untuk sanggup digunakan kembali. Bukan hanya itu, pengukurannya juga harus dilakukan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur. Jika pengukurannya salah maka otomatis akibatnya juga akan salah.
Pengkuruan pada komponen - komponen difrential ( Gardan ) sangat bermacam-macam jenis pengukurannya. Namun ada 2 ( dua ) pengukuran yang menjadi kewajiban yang harus dilakukan ketika pemasangan dilakukan. Yaitu :
I. Pengukuran Baclash dan pengukuran Preload.
Baclash ialah titik bidang pertemuan diantara 2 ( dua ) roda gigi yang bersentuhan.
Titik bidang pertemuan diantara 2 roda gigi yang bersentuhan |
Melihat titik kontak diantara dua roda gigi yang bersentuhan dengan menggunakan Cat |
II. Pengukuran Preload.
Preload ialah besarnya momen / gaya awal yang diperlukan untuk memutarkan sebuah poros.
Gaya/momen awal untuk memutarkan pinion gear |
Lalu bagaimanakah cara pengukuran kedua hal tersebut diatas ? oke kini akan kita bahas bagaimana mengukur backlash dan freload pada difrential ( gardan ) dengan baik dan benar.
a. Cara Pengukuran Backlash
Adapun caranya sebagai berikut :
1. Pasangkan dial gauge berikut stand dengan posisi jatuhnya jarum dial tegak lurus ( 90 derajat ) terhadap gigi ring gear untuk medapatkan keakuratan hasil pengukuran
2. Goyangkan ring gear dari kiri kekanan secara berulang - ulang dari posisi mentok kiri hingga mentok kanan
3. Lakukan hal tersebut pada minimal 4 posisi
4. Baca berapa besar nilai yang ditunjukkan oleh jarum
5. Bandingkan hasil pengukuran dengan nilai pada buku manual hingga sesuai dengan nilai spesifikasi, jikalau belum sanggup lakukan penyetelan dengan memutarkan mur penyetel (Difrential bearing Adjusting Nut).
6. Berilah Cat salah satu roda gigi (A) , dan putarlah bab roda gigi yang diberi cat (A) hingga bertemu dengan roda gigi yang lain (B). Lihat dan perhatikan bentuk sentuhannya pada roda gigi yang tidak diberi cat ( B).
b. Cara Pengukuran Preload Bearing Drive Pinion
Fungsi dari pengukuran Preload Bearing Drive Pinion ialah Untuk mendapat penitikberatan bearing drive pinion yang benar ( tidak terlalu berat maupun ringan ).
Penyetelan preload pada bearing drive pinion |
Adapun Cara Pengukurannya ialah sebagai berikut :
Pastikan sebelum dilakukannya pengukuran ialah semua komponen sudah dalam keadaan terlumasi ketika pemasangan. Hal ini mencegah terjadinya kesat / kendala putaran.
1. Pasang shim pada drive pinion
2. Pasang drive pinion pada carrier
3. Pasang bearing depan, companion flange & ring pelat
4. Keraskan mur pengunci sesuai dengan spesifikasi
5. Putar companion flange ke kiri dan kekanan semoga bearing benar – benar duduk
6. Lakukan pengukuran preload bearing
Penambahan dan pengurangan shim pada drive pinion |
Dengan menambah atau mengurangi ketebalan shim yang terletak diantara bearing dalam,spacer dan bearing luar drive pinion. Jika jarak antara bearing luar dan bearing dalam drive pinion semakin panjang, maka preload bearing akan semakin kecil, dan jikalau semakin pendek maka preload semakin besar
Tag :
chasis