membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Perbedaan Freload Dan Backlash Serta Cara Pengukurannya Pada Difrential ( Gardan )

Pengukuran merupakan salah satu faktor yang sangat fital dalam memperbaiki sebuah komponen ataupun peralatan otomotif. Dengan adanya pengukuran maka kita sanggup menyimpulkan apakah sebuah komponen tersebut layak atau tidak untuk sanggup digunakan kembali. Bukan hanya itu, pengukurannya juga harus dilakukan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur. Jika pengukurannya salah maka otomatis akibatnya juga akan salah. 

Pengkuruan pada komponen - komponen difrential ( Gardan ) sangat bermacam-macam jenis pengukurannya. Namun ada 2 ( dua ) pengukuran yang menjadi kewajiban yang harus dilakukan ketika pemasangan dilakukan. Yaitu : 

I. Pengukuran Baclash  dan pengukuran Preload. 
Baclash ialah titik bidang pertemuan diantara 2 ( dua ) roda gigi yang bersentuhan. 

 Pengukuran merupakan salah satu faktor yang sangat fital dalam memperbaiki sebuah kompone Perbedaan Freload Dan Backlash Serta Cara Pengukurannya Pada Difrential ( Gardan )
Titik bidang pertemuan  diantara 2 roda gigi yang bersentuhan



 Pengukuran merupakan salah satu faktor yang sangat fital dalam memperbaiki sebuah kompone Perbedaan Freload Dan Backlash Serta Cara Pengukurannya Pada Difrential ( Gardan )
Melihat titik kontak diantara dua roda gigi yang bersentuhan dengan menggunakan  Cat



 II. Pengukuran Preload. 
 Preload ialah besarnya momen / gaya  awal yang diperlukan  untuk memutarkan sebuah poros. 


 Pengukuran merupakan salah satu faktor yang sangat fital dalam memperbaiki sebuah kompone Perbedaan Freload Dan Backlash Serta Cara Pengukurannya Pada Difrential ( Gardan )
Gaya/momen awal untuk memutarkan pinion gear
Lalu bagaimanakah cara pengukuran kedua hal tersebut diatas ? oke kini akan kita bahas bagaimana mengukur backlash dan freload pada difrential ( gardan ) dengan baik dan benar. 

a. Cara Pengukuran Backlash

Adapun caranya sebagai berikut : 

1. Pasangkan dial gauge berikut stand dengan posisi jatuhnya jarum dial tegak lurus ( 90 derajat ) terhadap gigi ring gear  untuk medapatkan keakuratan hasil pengukuran

2. Goyangkan ring gear dari kiri kekanan secara berulang - ulang dari posisi mentok kiri hingga mentok kanan 

3. Lakukan hal tersebut pada minimal 4 posisi

4. Baca berapa besar nilai yang ditunjukkan oleh jarum

5. Bandingkan hasil pengukuran dengan nilai pada buku manual hingga sesuai dengan nilai spesifikasi, jikalau belum sanggup lakukan penyetelan dengan memutarkan mur penyetel (Difrential bearing Adjusting Nut). 

6. Berilah Cat salah satu roda gigi (A) , dan putarlah bab roda gigi yang diberi cat (A) hingga bertemu dengan roda gigi yang lain (B). Lihat dan perhatikan bentuk sentuhannya pada roda gigi yang tidak diberi cat ( B). 


b. Cara Pengukuran Preload Bearing Drive Pinion

Fungsi dari pengukuran Preload Bearing Drive Pinion ialah Untuk mendapat penitikberatan bearing drive pinion yang benar ( tidak terlalu berat maupun ringan ). 
  
 Pengukuran merupakan salah satu faktor yang sangat fital dalam memperbaiki sebuah kompone Perbedaan Freload Dan Backlash Serta Cara Pengukurannya Pada Difrential ( Gardan )
Penyetelan preload pada bearing drive pinion

Adapun Cara Pengukurannya ialah sebagai berikut : 
Pastikan sebelum dilakukannya pengukuran ialah semua komponen sudah dalam keadaan terlumasi ketika pemasangan. Hal ini mencegah terjadinya kesat / kendala putaran. 

1. Pasang shim pada drive pinion
2. Pasang drive pinion pada carrier
3. Pasang bearing depan, companion flange & ring pelat
4. Keraskan mur pengunci sesuai dengan spesifikasi
5. Putar companion flange ke kiri dan kekanan semoga bearing benar – benar duduk
6. Lakukan pengukuran preload bearing

 Pengukuran merupakan salah satu faktor yang sangat fital dalam memperbaiki sebuah kompone Perbedaan Freload Dan Backlash Serta Cara Pengukurannya Pada Difrential ( Gardan )
Penambahan dan pengurangan shim pada drive pinion

Dengan menambah atau mengurangi ketebalan shim yang terletak diantara bearing dalam,spacer dan bearing luar drive pinion.  Jika jarak antara bearing luar dan bearing dalam drive pinion semakin panjang, maka preload bearing akan semakin kecil, dan jikalau semakin pendek maka preload semakin besar 





Tag : chasis
Back To Top