membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Memahami Cara Kerja Diffrential ( Gardan ) Pada Mobil

Putaran roda dalam dan luar yang berbeda Memahami Cara Kerja Diffrential ( Gardan ) Pada Mobil
Putaran roda dalam dan luar yang berbeda

Diffrential atau gardan yaitu komponen yang berfungsi mengatur putaran roda kanan dan kiri pada kendaraan sesuai dengan kondisi perjalanan. Dengan adanya diffrential, maka berkendara pun menjadi lebih nyaman. Hal ini lantaran putaran roda kanan dan kiri mendapatkan putaran sesuai dengan kondisi kendaraan. Apakah jalan lurus, belok kanan dan belok kiri ? lantaran dari 3 kondisi tersebut, putaran setiap roda kanan terkadang harus sama, ada sebagian sisi harus lebih banyak, sebagian sisi lebih sedikit. 

Seperti pada gambar diatas, dikala kendaraan posisi membelok, jarak tempuh (putaran ) roda kepingan dalam ( A ) lebih kecil dari jarak tempuh (putaran) roda kepingan luar ( B ). Dengan demikian roda kepingan luar harus berputar lebih cepat dari roda kepingan dalam. Bayangkan, bila pada posisi membelok putaran  roda dalam  dengan putaran roda luar sama, maka salah satu roda akan slip ( berputar namun tidak jalan).  Dan ini akan berakibar jelek terhadap ban yang menjadikan cepat aus. Untuk itulah diharapkan differential

Kapan roda sebelah dalam dan luar harus berputar sama ? putaran roda kepingan dalam dan putaran roda kepingan luar sama ketika kendaraan berjalan pada jalan yang lurus. Karena pada dikala itu pembagian putaran ke setiap roda sama. 

Mengapa sanggup demikian ? oke kita akan coba untuk mempelajari bagaimana diffrential bekerja untuk membagi putaran pada setiap roda. 

a. Pada Saat Kendaraan Berjalan Lurus
Putaran roda dalam dan luar yang berbeda Memahami Cara Kerja Diffrential ( Gardan ) Pada Mobil
Ilustrasi dikala diffrential berjalan lurus
Gambar diatas yaitu sebuah perumpamaan sederhana mengenai bagaimana putaran roda kanan dan kiri sama pada dikala berjalan lurus. Bila  rack sebelah kanan dan sebelah kiri  diberi beban ( W ) yang sama, maka ketika shackle ditarik ke atas akan mengakibatkan kedua rack terangkat pada jarak yang sama, ini terjadi lantaran tahanan rack kiri dan kanan sama. Sehingga pinion tidak berputar.

Putaran roda dalam dan luar yang berbeda Memahami Cara Kerja Diffrential ( Gardan ) Pada Mobil
Cara kerja diffrential dikala jalan lurus
Secara realnya, cara kerja pada diffrential itu sendiri yaitu sebagai berikut : 
Drive pinion ( gigi nanas ) memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft,  dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan dengan putaran  yang sama ( lantaran tahanan  roda kiri dan kanan sama ), sehingga putaran roda kiri dan kanan sama.


b. Pada Saat Jalan Membelok
Putaran roda dalam dan luar yang berbeda Memahami Cara Kerja Diffrential ( Gardan ) Pada Mobil
Ilustrasi dikala diffrential berjalan membelok
Gambar diatas yaitu ilustrasi cara kerja diffrential dikala jalan membelok.  Apabila kita letakkan  beban ( W) yang lebih besar pada rack sebelah kiri  dan shackle ditarik ke atas, maka yang terjadi yaitu pinion gear akan berputar disepanjang gerigi rack  sebelah kiri yang menerima beban lebih berat disebabkan adanya perbedaan tahanan. Kejadian ini mengakibatkan rack yang menerima beban lebih kecil akan terangkat. 

Hal ini terjadi dikala kendaraan berbelok, diamana roda sebelah dalam akan mendapatkan beban yang lebih besar, sedangkan roda sebelah luar lebih kecil. Akibatnya putaran roda sebelah dalam lebih kecil dibanding putaran roda sebelah luar. 

Putaran roda dalam dan luar yang berbeda Memahami Cara Kerja Diffrential ( Gardan ) Pada Mobil
Cara kerja diffrential dikala jalan membelok

Secara realnya, cara kerja pada diffrential pada dikala berbelok  yaitu sebagai berikut : 
Drive pinion ( gigi nanas ) memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft,  dan pinion gear mengitari side gear yang bebannya berat sehingga mengakibatkan putaran roda kiri dan kanan menjadi tidak sama.

Tag : chasis
Back To Top