membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

mengatasi tarikan sepeda motor matik bergetar di tarikan awal

pakmotoroke.blogspot.co.id
halo kita ketemulagi di pakmotoroke.blogspot.co.id tempatnya membahas, merawat dan memberikan solusi I hope that, oke kali ini masalah yang akan kita bahas apa yaa ini mengenai  tarikan motor matik aku bergetar aduuuh gak enak bgt ini rasanya tetapi kalo kita sudah melaju kencang getaran ini hilang terus apa ya penyebabnya jadi pensaran aku sama masalah ini ok kita ke TKP.
· Pertama yang pasti motor nya matik yaa, bukan bajai .
pertama getaran itu di rasakan
saat tarikan pertama saat kita akan berkendara dari kondisi berhenti kita perlahan bergerak maka akan terasa getaran yang sangat menggangu pikiran dan telinga karena kadang bisa sangat berisik getaran yang di hasilkan ini berasal dari dalam
 CVT ( continues variabel transmision )
kalo tidak salah ya bahasa jawanya.
· Letak CVT ini berada di sebelah belakang bawah kiri, ditutupi oleh sebuah blok cover mesin yang harus di buka maka akan terlihat dua buah
Benda besar bulat yang di hubungkan dengan dengan karet cvt
Untuk membuka driven dan final driven / kedua puly diatas kita harus mempunyai kunci khusus
Penahan cvt biasanya bentuknya seperti huruf ( Y ) alat ini digunakan untuk menahan saat akan melepaskan dan mengencangkan perlu di ketahui penting untuk
Menggunakan alat yang benar jika kita memaksakan dengan alat yang tidak benar resikony sangat besar karena banyak kejadian.
Yang tidak kita harapkan misal namanya mekanik mempunyai seribu cara untuk mengakali sesuatu
Itu sudah naluri mekanik yaa karena boleh di bilang mereka itu manusia serba bisa.
Ada mekanik yang menggunakan
Baut  untuk menahan driven / puly depan memang hasil yang di harapkan kadang bisa 50:50 yaa tapi resikonya besar jika sedang apes rumah CVT bisa rusak dan pecah dll.
Jadi pergunakan spesial tools yang di recomended


·         Di atas merupkan spesial tools yagn bisa di gunakan ( hanya contoh)
Tiap motor berbeda alat tergantung merek dan type ya
Tapi secara umum hampir sama
·         Untuk masalah kali ini yaitu getaran yang terjadi pada motor matik saat akan bergerak dari kondisi berhenti
Yaitu kita hanya membongkar puly belakang  kemudian kita lakukan pemeriksaan yaitu dengan melihat bearing yang menempel di cover tutup CVT,
Bearing ini biasanya ada semacam kuningan di dalamnya,
Periksa bentuk kuninganya apakah masih dalam bentuk normal atau tidak misal sudah tidak bundar, karean  bagian dalam kuningan  sudah
 



Aus atau terkikis
Jika memang demikian bearing harus di ganti ya karena jika memang demikian bentuknya dapat di pastikan suara berasal dari bearing yang longgar karean bearing ini berfungsi sebagai penahan putaran as belakang sebelah kiri jika
Bearing ini longgar maka otomatis putaran yang di hasilkan puley belakang tidak stabil as puley belakang bergerak tidak pada rotasinya ini menyebakan gesekan pada as dan kuningan bearing menghasilkan suara berdecit yang keras maka kita harus mengantinya .

·         Jika bearing penahan puley belakang sebelah kiri bagus kita dapat
Memeriksa dengan membongkar puley belakang. Setelah terbongkar kita akan melihat ada rangkaiyan komponen rumah kopling untuk hal ini memang membutuhkan skill medium ya ,

Jika orang awam tidak disarankan membukanya, disana kita juga harus membongkar kampas kopling rada sedikit susah tanpa alat khusus karena menurut mekanik sepeda motor permsalahan yang terjadi bisa juga berasal dari pergerekan kampas kopling yang terhambat kerjanya, kampas kopling kotor menyebabkan
Saat rumah kopling dan kampas bersentuhan ada gesekan yang licin yang membuat rumah tutup kopling tidak terbawa sempurna kita
Bisa membersihkan
Bagian kampas kopling yang bersentuhan dengan tutup kampas kopling
Dengan menggesek kampas dengan amplas atau sikat kawat, 


Kemudian  kita juag dapat memeriksa penahan kampas kopling yang biasanya ada karet kecil hitam sebagai bantalanya jika dirasa bantalan ini sudah keras dan bentuknya tidak sesuai . bulat lebih baik di ganti

Karena ini kemungkinan juga bisa menghambat kinerja kampas kopling saat akan mekar untuk “cara kerja kampas kopling matik nantikan artikel selanjutnya ya “
bisa karena karat dll. Jika karet kopling sudah diganti maka  kita tutup
ingat ya prinsip memasang komponen mekanik selalu “ bagian yang paling akhir di bongkar adalah bagian paling awal di pasang”
setealah terpasang kita semog permasalahan  diatas selesai dengan solusi ini jika blm ada perubahan ada baiknya kita baw ke ahli. Karena komponen makanis biasanya saling terkait antara komponen yang satu dengan yang lain artikel di atas hanya merangkum kejadian yang sering terjadi dan di selesaikan dengan solusi diatas . ok di akhir penghujung artikel ini mohon maaf jika ada banyak kesalahan kata dan penulisan  dan dilangit yang tinggi masih ada langit senantiasa belajar dan berbagi semoga artikel diatas bermanfaat . salam
pakmotoroke.blogspot.co.id


Back To Top