pakmotoroke.blogspot.co.id
halo kita ketemulagi di pakmotoroke.blogspot.co.id
tempatnya membahas,
merawat dan memberikan solusi I hope that, oke kali ini masalah yang akan kita
bahas apa yaa ini mengenai tarikan motor
matik aku bergetar aduuuh gak enak bgt ini rasanya tetapi kalo kita sudah
melaju kencang getaran ini hilang terus apa ya penyebabnya jadi pensaran aku sama
masalah ini ok kita ke TKP.
· Pertama yang pasti motor nya matik
yaa, bukan bajai .
pertama getaran itu di rasakan
saat tarikan pertama saat kita akan
berkendara dari kondisi berhenti kita perlahan bergerak maka akan terasa
getaran yang sangat menggangu pikiran dan telinga karena kadang bisa sangat
berisik getaran yang di hasilkan ini berasal dari dalam
CVT ( continues variabel transmision )
kalo tidak salah ya bahasa jawanya.
· Letak CVT ini berada di sebelah
belakang bawah kiri, ditutupi oleh sebuah blok cover mesin yang harus di buka
maka akan terlihat dua buah
Benda besar bulat yang di hubungkan
dengan dengan karet cvt
Untuk membuka driven dan final driven
/ kedua puly diatas kita harus mempunyai kunci khusus
Penahan cvt biasanya bentuknya
seperti huruf ( Y ) alat ini digunakan untuk menahan saat akan melepaskan dan
mengencangkan perlu di ketahui penting untuk
Menggunakan alat yang benar jika kita
memaksakan dengan alat yang tidak benar resikony sangat besar karena banyak
kejadian.
Yang tidak kita harapkan misal
namanya mekanik mempunyai seribu cara untuk mengakali sesuatu
Itu sudah naluri mekanik yaa karena
boleh di bilang mereka itu manusia serba bisa.
Ada mekanik yang menggunakan
Baut untuk menahan driven / puly depan memang hasil
yang di harapkan kadang bisa 50:50 yaa tapi resikonya besar jika sedang apes
rumah CVT bisa rusak dan pecah dll.
Jadi pergunakan spesial tools yang di
recomended
·
Di
atas merupkan spesial tools yagn bisa di gunakan ( hanya contoh)
Tiap motor berbeda alat tergantung
merek dan type ya
Tapi secara umum hampir sama
·
Untuk
masalah kali ini yaitu getaran yang terjadi pada motor matik saat akan bergerak
dari kondisi berhenti
Yaitu kita hanya membongkar puly
belakang kemudian kita lakukan
pemeriksaan yaitu dengan melihat bearing yang menempel di cover tutup CVT,
Bearing ini biasanya ada semacam
kuningan di dalamnya,
Periksa bentuk kuninganya
apakah masih dalam bentuk normal atau tidak misal sudah tidak bundar, karean bagian dalam kuningan sudah
Aus atau terkikis
Jika memang demikian bearing harus di
ganti ya karena jika memang demikian bentuknya dapat di pastikan suara berasal
dari bearing yang longgar karean bearing ini berfungsi sebagai penahan putaran
as belakang sebelah kiri jika
Bearing ini longgar maka otomatis
putaran yang di hasilkan puley belakang tidak stabil as puley belakang bergerak
tidak pada rotasinya ini menyebakan gesekan pada as dan kuningan bearing
menghasilkan suara berdecit yang keras maka kita harus mengantinya .
·
Jika
bearing penahan puley belakang sebelah kiri bagus kita dapat
Memeriksa dengan membongkar puley
belakang. Setelah terbongkar kita akan melihat ada rangkaiyan komponen rumah
kopling untuk hal ini memang membutuhkan skill medium ya ,
Jika orang awam tidak disarankan
membukanya, disana kita juga harus membongkar kampas kopling rada sedikit susah
tanpa alat khusus karena menurut mekanik sepeda motor permsalahan yang terjadi
bisa juga berasal dari pergerekan kampas kopling yang terhambat kerjanya,
kampas kopling kotor menyebabkan
Saat rumah kopling dan kampas
bersentuhan ada gesekan yang licin yang membuat rumah tutup kopling tidak
terbawa sempurna kita
Bisa membersihkan
Bagian kampas kopling yang
bersentuhan dengan tutup kampas kopling
Dengan menggesek kampas dengan amplas
atau sikat kawat,
Kemudian kita juag dapat memeriksa penahan kampas
kopling yang biasanya ada karet kecil hitam sebagai bantalanya jika dirasa
bantalan ini sudah keras dan bentuknya tidak sesuai . bulat lebih baik di ganti
Karena ini kemungkinan juga bisa
menghambat kinerja kampas kopling saat akan mekar untuk “cara kerja kampas
kopling matik nantikan artikel selanjutnya ya “
bisa karena karat dll. Jika karet
kopling sudah diganti maka kita tutup
ingat ya prinsip memasang komponen
mekanik selalu “ bagian yang paling akhir di bongkar
adalah bagian paling awal di pasang”
setealah terpasang kita semog permasalahan diatas selesai dengan solusi ini jika blm ada
perubahan ada baiknya kita baw ke ahli. Karena komponen makanis biasanya saling
terkait antara komponen yang satu dengan yang lain artikel di atas hanya
merangkum kejadian yang sering terjadi dan di selesaikan dengan solusi diatas .
ok di akhir penghujung artikel ini mohon maaf jika ada banyak kesalahan kata
dan penulisan dan dilangit yang tinggi
masih ada langit senantiasa belajar dan berbagi semoga artikel diatas
bermanfaat . salam
pakmotoroke.blogspot.co.id