membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

warna asap pada kendaraan bermotor roda dua

pakmotoroke.blogspot.co.id
halo kita ketemulagi di pakmotoroke.blogspot.co.id tempatnya membahas, merawat dan memberikan solusi I hope that, oke kali ini masalah yang akan kita bahas apa yaa ini mengenai  warna ASAP sepeda motor, terus apa ya penyebabnya jadi pensaran aku sama masalah ini ok kita ke TKP.


Pernahkah kita melihat warna asap kendaraan kita terutama karena kita disini membahas tentang 
sepeda motor, kita akan mengetahui kerusakan sepeda motor dari warna asap ko bisa ya??? Ya bisa donk bagi sebagian orang teknik mengenali warna asap sangat memungkinkan mengenali kerusakan lebih dini sepeda motor, disini yang harus kita tau adalah motor kita adalah motor 4 langkah /   4 tak , bukan motor yang menggunakan 2 langkah kerja yaa, simpelnya bukan motor yang mempunyai bahan bakar oli samping sebagai pelumas di ruang bahan bakar.

Kita disini tidak membahas lebih jauh tentang  mesin 2 dan 4 langkah mungkin jika ada kesempatan akan saya jelaskan tentang itu.

Disini kita hanya membahas arti dari warna asap yang keluar dari sepeda motor agan  dan sis.
Ok pernah kah kita menjalankan kendaraan terus keluar asap dari pembuangan / knalpot   kadang bisa asap warna putih, hitam,dan keduanya  memang banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada sepeda motor yang telah asap keluar dari knalpot tapi yang saya tau jika kendaraan kita sudah mengeluarkan asap yang berwarna dapat di pastikan ada sesuatu yang tidak beres dengan mesin kendaraan kita dan bukankah lebih baik kalo kita mengantisipasi dari pada mengobati, 

           yupss itu juga berlaku buat kendaraan yaaa kan pakmotoroke disini hanya mau berbagi pengalaman memang tidak 100% valid tapi apalah saya daku berbagi informasi kalo memang informasi itu berharga bagi orang banyak sekaligus mengasah ilmu pengetahuan, ok marii yuuks kita bahas apa penyebab mesin kendaraan bermotor kita mengeluarkan asap berwarna putih berikut ini penjelasan pencegahan nya ok .


·         Asap warna putih yang keluar pada knalpot agan / sis ini kemungkinan menandakan bahwa ada oli yang terbakar istilah terbakar dalam  perbengkelan adalah oli yang masuk keruang cylinder mesin dan ikut terkompresi didalam ruang bakar yang di ledakan oleh percikan busi di dalam cylinder, pertanyaan nya adalah kenapa bisa terbakar dan masuk keruang cylinder banyak faktor yang bisa menyebabkan oli masuk kedalam ruang cylinder tapi yang paling umum atau di sering di jumpai adalah karena ada kerusakan pada ring piston, piston dan cylindernya sendiri, keauasan ( red: AUS) adalah karena celah pada ring sudah dan cylinder sudah melebihi batas sehingga membuat celah tersebut membesar sehinggaa oli yang tadinya hanya sebagai pelumas cylinder, lolos keruang bakar dan ikut terkompresi dan ikut meledak sehingga asap yang keluar menjadi berwarna.


·         Diatas penjelasan proses bagaimana bisa terbakar kemudian yang kita bahas di awal warna asap pada knalpot dapat menunjukan kerusakan yang terjadi pada sepeda motor


o   Warna asap putih : jika asap putih  yang keluar terus menerus dan pekat berwarna putih atau seiring mesin dala keadaan hidup  itu menandakan oli ikut terbakar dari ring cylinder dan ada kerusakan pada ring piston, cylinder dan piston 

   mesin tersebut kalo hal ini terjadi harus segara dilakukan perbaikan karena jika kerusakan tersebut efeknya adalah oli akan cepat habies di dalam mesin karena tebakar dan bisa mengakibatkan kerusakan mesin yang parah bahkan yang paling parah adalah mesin macet / ngejam.

Image result for warna asap putih
o   Asap putih yang keluar hanya saat pagi hari : pernahkah kita melihat ada asap putih saat di pagi hari kita menyalakan sepeda motor, jika warnya putih dan tipis serta tidak lama asap langsung hilang itu normal tapi jika asap putih berwarna pekat menurut pengalaman pakmotoroke ada kebocoran pada seal klep , paking cylinder dll, dibawah in adalah seal klep .

Image result for warna asap putih
   



   karena saat mesin dalam keadan dingin mesin dalam keadaan tidak memuai karena dingin setelah mesin dalam kondisi panas yang normal mesin akan memuai dan membuat ukuran menjadi standar ini salah satunya karean seal klep sudah waktunya di ganti atau sudah tidak lentur tidak dapat lagi mengikuti perubahan pada batang klep ini adalah salah satu prediksi looh ya berdasarkan pengalaman kemunginan yang terjadi di lapangan masih banyak looh .Tapi kita dapat menjadikan pengetahuan bagi kita sebelum terlambat dari pada mengobati ya gak.

o   Warna asap hitam : jika asap hitam yang keluar ini dapat di prediksi kemungkinan setelan campuran bahan bakar ( udara + bensin) kurang pas atau tidak seimbang dimana  campuran bensin nya tidak tepat sehingga pembakaran tidak sempurna dan cepat menimbulkan kerak di dalam ruang pembakaran kerak ini akan cepat menumpuk di dalam ruang bakar menyebabkan performance mesin kurang fit karena kerak meunpuk didalam ruang bakar. 


Image result for warna asap hitam pada sepeda motor
    Hal ini dapat di selesaikan dengan mengatur ulang setelan bahan bakar.jika  mesin nya masih menggunakan sistem karburator dapat langsung menyetelnya di setelan karburator, jika teknologinya sudah menggunakan FI ( Fuel  Injection ) disarankan menggunakan alat standar penyetelan atau jika tidak punya lebih baik ke dealer resmi / bengkel resmi sepeda motor, agar penyetelan dilakukan oleh profesional / mekanik ahli .


o   Sebagai informasi yang terakhir oli di dalam mesin memang akan ikut terbakar karena oli pada mesin juga sebagai pelumas piston dan cylinder yang  saling bergesekan untuk mengurangi ke ausan pada dinding dan piston cylinder, tapi hanya dalam batas tertentu dan tidak menimbukan warna pada asap kendraan bermotor ( jika ada waktu lagi akan kita bahaas proses kerja 4 da 2 tak ya ) jika kendaraan anda tidak mengeluarkan asap berwarna dapat di pastikan kendaraan anda normal /  baik-baik saja.


Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat nantikan artikel berikutnya hanya di pakmotoroke.blogspot.co.id




Back To Top