Merawat rantai sepeda motor
Halo ketemu lagi di pakmotoroke.blogspot.co.id kali ini kita akan membahas tentang yang namanya gear
set / rantai sepeda motor beserta gear, agan dan sis pasti pernah mengalami yang
namanya harus ganti rantai dan gear set dan komponen ini selalu berbarengan
saat penggantian dan lumyan harganya satu set cukup merogoh kantong ehehhee
maklum kantong saya ini cetek #aduuuh buka kartu deeh.
Ok terus apa yang mau kita bahas jadi mikiir ini ??? apa yaaaa
Oh ya gear set komponen sepeda motor yang satu ini termasuk
komponen fast moving mudah didapat karena komponen gear set ini terbilang
paling sering diganti biasanya menurut
pengalaman motor, aku sendiri jika pemakaian tanpa perawatan dari rider yang
hanya pakai menurut ku hanya bisa nyaman bertahan sampai sekitar minimun 8
bulan apa lagi jika ditambah cuaca yang hujan terus .... dan berdebu kacau
deeh cucanya
Rantai dan gear ibarat kata bagaikan tulang dan rusuk
wkwkwkkww ko kayak ikan gni ni kalo dah malam otak rada eror hahahah back to
topic komponen ini bisa dibilang salah satu komponen penggerak yang membuat
nyaman dalam berkendara pernag gak sich agan saat berkendaraan dengan
sepeda motor berbunyi krek krek atau
cret cret ...atau kletek kletek ya semacam itulah pokonya yaa dan rasanya gak
enak banget deehe apa lagi jika kita sedang membuat si kuda besi itu ( motor )
di pecut sekencang kencangya di rasa tidak akan maksimal motor kita melaju
karena ada beberapa kemungkinan yang dapat di analisa weeeh dah kaya peneliti
aku yaa hahaha maklum pernah merasakan putus rantai di jalan dan duit cekak
hadeeuuuuuuh gak gak lagi deeh terpaksa deeh telepon malaikat yang bisa bantu
aku.
kita lihat yuuks apa saja ayang harus
di perhatikan :
v Sebelum go to ride kita harus periksa
apakah rantai kita kenduur atau tidak ceknya
gampang koo hanya lihat di bagian belakang sebelah kirii bawah, kita
rada kotor sedikit yaa menggunakan jari kita tekan rantai bagian bawah ke atas
menggunakan jari atau alat lain jika tidak mau kotor apakah kekenduran rantai melebihi 3 cm jika melebihi batas itu berarti rantai sudah
kendur, karena biasanya standar rantai yang aku tau 1-3 cm jka di rasa kendur
maka kita harus mengencangkan rantai nya
mudah ko ada dua cara :
# pertama kita kebengkel dan minta
tolong ahli untuk menyetel rantai kita bisanya aku kasih sekitar Rp. 5000
rupiah dulu yaa tapi kalo agan dan sis mau kasih lebih juga gak masalah ko yang
penting ikhlas.
# kedua kita setel sendiri rantainya
mudah koo
1. Siapkan kunci kunci biasanya kunci
ring 17, 19, 18 , 14 kunci pas 12/10
2. Kendurkan baut roda belakang jangan
sampai lepas yaa nanti kebanyakan kerjaan hanya sampai kendur saja dengan
dirasakan kita bisa menarik roda belakang maju dan mundur
3. Kemudian kita putar roda sambil kita
tekan rantai nya, mutarnya pelan ajah
yaa karena dapat bahaya sambil di beri penekanan rantai dari bawah keatas dan
di dapat kekencangan rantai yang paling tegang, kenapa kit a cari yang paling
tegang kalo karena jika kita menyetel pada posisi rantai kendur maka posisi
rantai yang tegang tidak akan mempunyai ketegangan yang pas. Oleh karena itu
kita harus menyetel pada posisi yang tegang dengan mengatur kekencangan 1-2 cm
biasanya kalo aku yaa tergantung selera. Mengaturnya di dekat baut roda
belakang ada lempengan besi yang berfungsi untuk memajukan dan memundurkan
rantai kita setel dari situ sampai dirasa oleh kita mendapat kekencangan rantai
yang pas. Ingat ya putar berkali kali saat pengencangan agar di ketahui posisi
mana saja yan gmempunyai ketegangan paling kencang baru kit akendurkan dan kita
setel ya.
4. Kencangkan baut roda kanan dan kiri
jika sudah di setel yaa setalah itu cek dengan memutar roda kembali apakah
kekencangan rantai sudah di rasa pas. Jika ada da bagian rantai yang masih
kekencangan ulangi step 1-3 ya diatas. Ok
tahap pengencangan rantai selesai
v Pemeriksaan gear set jika kit lihat fisik si gear sudah lancip dan runcing itu
menandakan rantai dan gear harus di ganti walaupun harganya di rasa cukup
munguras kantong berkisar Rp.150.000 - ??? tegantung jenis motor dan tipe motor
yaa karena ada 3 tipe sport, bebek, semi bebek heheh yang paling menguras
kantong mungkin type sport kenapa karena motornya ajah harganya mahal broo
otomatis parts nya juga mahal yoi gak. lebih baik dari pada menyesal bisa putus di
jalan nanti huhuhuhuhuhu pengalaman menyakitkan. jangan menunda yaa kenapa
rantainya juga ikut di ganti ??? karena seperti yang PMK bilang tadi
rantai dan gear set set bagaikan tulang dan rusuk mereka selalu bekerja
sama berdua mambawa agan dan sis
kemanapun, jadi jika gear sudah lancip maka rantai juga sudah waktunya di ganti
karena mereka pasangan ABADI ... ixixixiix
v Lakukan pearwatan dengan membersihkan rabtai jika di rasa oleh mata kotor ya dan memberi
pelumasan setiap kali akan berkendara itu akan memperpanjang usia pakai
komponen looh . dengan apa kita lumasi jika kita mau modal ada cairan khusus
yang kita bisa beli di bengkel-bengkel
cairan pelumas rantai kisaran Rp 15.000 – 30.000 tegantung merek dan
ukuran yaa bisa juga lebih.
Jika mau yang murah dan gratis bisa
menggunakan oli bekas atau minyak kelapa hehehehhe ( tidak di sarankan looh ) hanya
PMK (pakmotoroke) juga sering pakai oli bekas upsss tiap kali akan berangkat
berkendara lumayan mengurangi gesekan rantai dan gear karean jika rantai dan
gear itu kering akan bunyi berdecit dan
berisik dan mempercepat usia pakai karena besi kering saling beradu menyebabkan
ke ausan cepat terjadi.
Oke deeh mudah mudahan tulisan ini bermanfaat bagi yang
membaca yaa selalu nantikan tulisan yang lainya yaa. di
pakmotoroke.blogspot.co.id atau agan dan sis bisa baca baca di
idokeren.blogspot.co.id hehe sama koo
itu juga banyak bahas motor