membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Mobil 8 Roda Asal Bandung Tetap Dapat Melaju Mulus

Mobil Beroda 8. Foto: Mochamad SolehudinMobil Beroda 8. Foto: Mochamad Solehudin

Bandung - Mobil Toyota All New Limo keluaran 2013 asal Bandung ini terlihat berbeda dengan kendaraan beroda empat pada umumnya. Kalau kendaraan beroda empat biasanya mempunyai empat roda, kendaraan beroda empat ini mempunyai delapan roda dan hebatnya tetap bisa melaju mulus.

Roni Gunawan, empunya mobil 8 roda ini, mengungkapkan kendaraan beroda empat Toyota miliknya itu menerima sentuhan magis melalui imajinasinya. Dia secara ekstrem mengubah beberapa bab kendaraan beroda empat yang dulunya itu beroperasi sebagai taksi.

Ubahan paling banyak, ia menyebut terdapat di bab body belakang. Salah satunya, ia menambah jumlah roda di bab belakang dari dua menjadi enam. Di masing-masing sisi terdapat tiga roda dengan posisi dua ban di bawah dan satu lagi berada di atas. Uniknya semua roda di bab belakang itu bisa bergerak.



"(Ban) yang di atas kan bisa berputar. Supaya nempel terus (ban satu dengan lainnya) ditarik sama per (yang berada di bab tengah)," ucapnya, ketika ditemui, di GR Taksi, Jalan Babakan Cibeureum, Kota Bandung, Rabu (16/1/2019).

Dia mengungkapkan, meski kendaraan beroda empat ini mempunyai delapan roda, kenyamanannya tetap tidak bisa diragukan. Mobil ini tetap bisa melaju dengan baik bahkan bermanuver menyerupai kendaraan beroda empat umumnya.

"Ini belum dicoba di jalan raya (secara langsung). Tapi kenyamanan berkendara aku rasa nggak ada gangguan. Hanya bobot saja nambah alasannya ialah ada tamabahan ban," ucapnya.



Bahkan ketika detikOto melihat secara pribadi uji cobanya, kendaraan beroda empat itu terlihat cukup stabil. Mobil itu bisa melaksanakan drift. Hanya memang perlu ada beberapa perbaikan.

"Nanti kita tambah rem tangan satu lagi. Supaya nanti bannya ini semua bisa berhenti nggak kayak sekang kan, ban belakang yang ada di depan masih berputar ketika di rem tangan," ucapnya.

Sebelumnya, Roni juga sudah menciptakan modifikasi kendaraan beroda empat nyeleneh. Dia pernah menciptakan mobil bermuka dua yang beberapa waktu kemudian sempat viral. Kini, Roni menciptakan modifikasi kendaraan beroda empat nyeleneh lagi dengan kehadiran kendaraan beroda empat 8 roda.
Back To Top