membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Daihatsu Taruna Buat Main Tanah

Daihatsu Taruna Penggaruk Tanah. Foto: Ridwan ArifinDaihatsu Taruna Penggaruk Tanah. Foto: Ridwan Arifin

Jakarta - Dalam ajang Indonesia AutoModified (IAM) 2018 yang dihelat di Istora Senayan tak hanya nampak kendaraan beroda empat bergaya ceper saja. Mobil bergaya off road pun tampil gagah di depan pintu masuk perhelatan IAM.

Yang terbilang unik, kendaraan beroda empat tersebut bisa dikatakan renta namun semakin gagah dengan gaya off road. Adalah Daihatsu Taruna, dengan tampilan perhiasan bergaya petualang.


Seperti yang dimiliki oleh Dodi, anggota komunitas Taruna Owners Indonesia chapter Lampung. Mobil lansiran tahun 2002 miliknya ini tak hanya tampilannya yang berubah namun dari segi mesin juga turut dibarengi.

"Mesin masih original, Oil Catch Tank, Vacuum Rem Booster punya Toyota Innova, I-Booster Coil 2 kali," ungkap Dodi kepada detikOto.

Tak main-main, selain jadwal rutin kendaraan beroda empat tersebut juga bisa melintasi sungai dengan ketinggian tertentu alasannya yaitu ubahan pada sektor kaki-kaki yang menjulang tinggi. Dodi memakai pelek berukuran ring 15 dengan ban Komodo ukuran 235/75/15 serta per belakang Cheeroke ditambah Shock Belakang panther Dmax 60 cm.

"Asyik untuk melintas di kebun, sungai apalagi di Lampung jalanannya agak kurang rata, jadi kalo mau modif ceper nggak tepat, tapi selain itu aku hanya cari kesenangan," ungkap Dodi.


Lain halnya dengan Beni, laki-laki asal Cikarang ini semakin mengeluarkan aura gagah Taruna lewat bumper guard custom dan roof rail box yang menyerupai kawasan menaruh peluru.

"Untuk mesin nggak ada yang berubah, dari pertama beli sama, hanya dari tampilan aja dan kaki-kaki, jika biaya relatif, aku hanya habis kurang lebih 15 juta," ungkap Beni.

"Saya suka bawa kendaraan beroda empat ini sama keluarga, ketika komunitas baksos melintasi lumpur, nggak ada masalah," tambah Beni.


Beni dan Dodi merupakan anggota dari Taruna Owners yang sudah dibuat dari tahun 2001. Mantan ketua umum, Bima Sakti menyampaikan anggota member nya ketika ini ada di angka 2.700 se-Indonesia, soal gaya modifikasi tak jadi soal.

"Kita bekerjsama nggak ada batasan gaya modifikasi, cuma yang lebih mayoritas emang bergaya semi off road, ada yang 4x4 juga, rata-rata untuk Modifikasi menyerupai itu berkisar Rp 10 hingga Rp 15 juta," ungkap Bima.


Daihatsu Taruna Buat Main Tanah
Back To Top