membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Perbandingan Transmisi Otomatis Dengan Transmisi Manual, Kau Pilih Mana ?



Sebelum membeli sebuah kendaraan yang kita butuhkan, alanglah lebih baiknya kita mengetahui jenis kendaraan yang sesuai tersebut dan apa jenis transmisi yang dipakai pada kendaraan tersebut. Ada dua jenis transmisi yang harus kita ketahui, yang pertama jenis transmisi manual dan yang kedua jenis transmisi automatic. Makara tetapkan mana kendaraan beroda empat yang akan dibeli itu penting  namun kita juga harus  mengetahui perbedaan antara transmisi manual dengan transmisi jenis automatic.

Perbedaan yang paling signifikan diantara kedua transmisi itu bahwa pada transmisi manual seorang pengemudi harus memakai kopling dikala pemindahan kecepatan ( gigi ) sedangkan pada sebuah kendaraan beroda empat transmisi automatic tidak ada kopling saat  perpindahan giginya, ini  dilakukan secara automatis dengan basic kecepatan pada kendaraan tersebut. Ini yaitu sebuah perbedaan fundamental mengapa disebut transmisi automatic sedangkan yang lainnya transmisi manual.

Soal penggunaan materi bakar, memakai sebuah transmisi manual lebih hemat dibanding memakai transmisi automatic yang sedikit lebih boros. Ini yaitu pertimbangan penting ketika kita mengambil keputusan pembelian mengenai jenis kendaraan beroda empat yang akan dibeli. Mobil otomatis pengeluaran jauh lebih besar alasannya yaitu konsumsi materi bakar lebih besar.

Ketika kita menentukan memakai transmisi manual maka akan menawarkan kita selalu mengontrol kecepatannya secara manual dengan memindahkan gigi percepatannya dan ini akan menciptakan tangan dan kaki cepat capek dan lelah. Sedangkan transmisi otomatis kita tidak perlu berlelah - lelah memindahkan percepatan gigi dan meminjak kopling, sehingga lebih gampang dan nyaman dalam dalam berkendara.

Selain perbedaan diatas, ada juga perbedaan harga diantara keduanya. Mobil dengan transmisi manual akan dijual lebih murah dibanding dengan kendaraan beroda empat sejenis yang memakai transmisi automatic. Harga yang mahal pada transmisi automatic akan berbanding lurus dengan biaya perawatannya.

Pada transmisi manual, akan tertuliskan angka - angka kecepatannya pada ujung tuasnya. Angka - angka ini tergantung dari banyaknya percepatan yang dimilikinya. Contohnya 6 percepatan, maka akan tertulis 1, 2, 3, 4, 5 , 6 dan R ( reverse ) atau gigi mundur. Sedangkan pada transmisi automatic angka - angkanya berbeda, yaitu  P ( Parkir ), N ( Netral ), D ( Drive ), 1 dan 2.

Mobil dengan transmisi manual lebih hemat secara rata-rata. Namun kendaraan beroda empat bertransmisi automatic lebih terkenal dan banyak yang membeli dibanding kendaraan beroda empat bertransmisi manual.

Makara kesimpulannya adalah

1. Pada transmisi manual, pengemudi memakai kopling untuk mengganti percepatan gigi, sedangkan kendaraan beroda empat otomatis perpindahan percepatan secara otomatis menurut kecepatan mesin

2. Mobil transmisi manual memakai materi bakar lebih irit  dari pada kendaraan beroda empat otomatis

3. Pada  transmisi manual, pengemudi mempunyai kontrol yang lebih besar terhadap kendaraan beroda empat dari pada transmisi otomatis, di mana keputusan untuk mengganti persneling diambil oleh mobil

4. Mobil dengan transmisi automatic  lebih gampang dan nyaman untuk dikendarai

5. Mobil manual lebih murah dari pada kendaraan beroda empat yang sama dengan transmisi otomatis; Sedangkan biaya perbaikan dan perawatan jauh  lebih besar untuk kendaraan beroda empat automatic

6. Dalam transmisi manual, pengemudi bertanggung jawab untuk mengganti persneling dan banyak konsentrasi diperlukan; kedua kaki dan tangan dibutuhkan untuk menggerakkan mobil. Sedangkan kendaraan beroda empat transmisi otomatis roda gigi berubah secara otomatis dan kaki kiri bebas dikala mengemudi

7. Mobil transmisi otomatis lebih terkenal dan dibeli lebih banyak dari rata-rata daripada kendaraan beroda empat transmisi manual.

Artikel diterjemahkan dari : diffrencebetween

Tag : Artikel, chasis
Back To Top