membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Jenis - Jenis Thermostat Dan Cara Kerjanya Pada Pendingin Mesin Mobil

 Thermostat yaitu salah satu komponen yang ada pada sistem pendingin mesin kendaraan beroda empat Jenis - jenis Thermostat Dan Cara Kerjanya  Pada Pendingin Mesin Mobil
Thermostat
Thermostat yaitu salah satu komponen yang ada pada sistem pendingin mesin mobil. Fungsi komponen ini yaitu untuk membuka dan menutup jalan masuk air pendingin dari mesin ( water jacket ) ke radiator. Pembukaan  yang dilakukan oleh thermostat terjadi akhir dari suhu air pendingin yang panas, sedangkan thermostat akan kembali terutup jikalau suhu air dingin.

Adapun jenis - jenis thermostat yaitu :

A. Thermostat dengan katup By Pass ( gambar  A tertera diatas )
Komponennya :
1. valve
2. Cylinder
3. Bypass Valve
4. Wax
5. Jiggle Valve

B. Thermostat tanpa katup By Pass ( gambar B tertera diatas )
Komponennya :
1. valve
2. Cylinder
4. Wax
5. Jiggle Valve

Adapun cara kerja kedua jenis thermostat diatas yaitu sebagai berikut :

1. Thermostat Tanpa Katup By Pass
 Thermostat yaitu salah satu komponen yang ada pada sistem pendingin mesin kendaraan beroda empat Jenis - jenis Thermostat Dan Cara Kerjanya  Pada Pendingin Mesin Mobil
Thermostat tanpa  katup By Pass
Pada dikala temperatur rendah ( mesin dingin)
Saluran air ke radiator ditutup oleh thermostat sehingga air  akan mengalir dari blok silinder ke pompa melalui jalan masuk bypass. Dan akan dialirkan kembali ke mesin ( water jacket ).

Pada dikala temperatur tinggi ( mesin panas )
Pada kondisi ini thermostat dalam kondisi terbuka. Akibatnya, air dari blok silinder akan mengalir ke radiator dan selanjutnya air akan mengalir ke pumpa akhir adanya sedotan dan dialirkan kembali ke blok silinder. Selain itu, air juga akan mengalir melalui selang By Pass masuk ke pumpa dan dialirkan ke blok silinder ( persisi sama ibarat pada dikala mesin hambar / thermostat tertutup ). Singkatnya, pada kondisi mesin tinggi maka air akan mengalir ke radiator dan selang by pass ( kerja ganda).


2. Thermostat Dengan Katup By Pas
 Thermostat yaitu salah satu komponen yang ada pada sistem pendingin mesin kendaraan beroda empat Jenis - jenis Thermostat Dan Cara Kerjanya  Pada Pendingin Mesin Mobil
Thermostat dengan katup by pass
Jika kita lihat sepintas dengan yang jenis thermostat tanpa katup By pass maka kelihatannya sama. Nanum terang ini sangat berbeda letak posisi peletakkan thermostatnya. Jika thermostat tanpa katup by pass letaknya di jalan masuk masuk radiator, maka thermostat yang memiliki katup by pass letaknya di jalan masuk buang radiator.

Pada suhu rendah ( mesin hambar )
Saluran bypass yang ada pada thermostat  terbuka,  sehingga arah alirannya airnya adalah  dari  Blok mesin – jalan masuk bypass – Water Pump - Blok mesin.


Pada suhu tinggi (mesin panas)
Saluran bypass yang ada pada thermostat  tertutup sehingga alirannya  airnya menjadi dari
Blok mesin – radiator – Water Pump - Blok mesin ( tidak ada air yang melewati jalan masuk bypass ). Akibatnya   pendinginan yang terjadi pada dikala mesin panas lebih efektif.







Tag : mesin
Back To Top