membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Pengertian Listrik Statis Pada Dasar-Dasar Kelistrikan Otomotif

Apabila listrik statis (tidak bergerak) dalam suatu bahan, maka ia disebut listrik statis (statis electricity). Bila sebuah batang beling digosok dengan kain sutra, maka permukaan batang beling dan kain sutra akan terisi dengan listrik. Phenomena ini disebut dengan pengisian. pengisian listrik pada batang beling dan kain sutera tidak bergerak kecuali kalau batang dan kian tersebut digerakkan saling mendekat atau dihubungkan dengan materi penghantar.

Membangkitkan Listrik Statis Pada Batang Kaca

Listrik statis yang dibangkitkan dengan cara ini disebut electricity dan banyaknya listrik yang diisikan  pada materi tersebut disebut electric change, yang ditunjukkan dengan simbol Q. Satuannya ialah Coloumb dan ditunjukkan dengan simbol C.

! Coloum ialah sama dengan 6,25 x 10 pangkat 18 Electron. Pada dasar kelistrikan step 1 kita akan mempelajari arus listrik yang merupakan perpindahan /gerakan electric change. Berikut ini ialah kekerabatan antara 1 A mper dengan 1 Coloum.
1 A = 6,25 x 10 pangkat 18 electron/ detik = 1C/det.

Kekuatan listrik statis

BIla dua batang beling digantungkan dengan benang dan keduanya digosok dengan kain sutra, lalu keduanya saling didekatkan, maka keduanya akan saling tolak menolak. Dalam hal lain, bila salah satu batang beling didekatkan dengan kain sutra, maka batang dan kain sutra akan saling tarik menarik.
Kekuatan listrik Statis Pada Sebatang Kaca


Penomena ini menunjukan bahwa gaya tolak akan bekerja antara electic change yang sama (senama) dan gaya tarik akan bekerja pada electic charge yang berlainan (berlawanan). gaya yang bekerja antara eleltric change disebut elektrostatis.

Tag : Kelistrikan
Back To Top