Mesin diesel ditemukan oleh Rudolf Diesel, pada tahun 1872. Dahulu mesin diesel memakai siklus diesel tapi kini ini memakai siklus sabathe. Mesin diesel memiliki tekanan kompresi yang tinggi dibanding dengan mesin bensin yang memiliki tekanan (30 – 45 kg/cm2), tujuannya agar temperatur udara yang dikompresikan mencapai 500°C atau lebih. Selain siklus yang sudah berubah, ada beberapa jenis ruang bakar mesin diesel yang masih digunakan sampai dikala ini.
Berikut jenis-jensi ruang bakar mesin diesel.
1. Ruang Bakar Injeksi Langsung
Bahan bakar disemprotkan pribadi ke Ruang bakar utama Letak ruang bakar utama ada di antara piston & silinder head. Selain bentuk ruang bakar yang dibuat pada silinder head, bab atas piston juga dibuat ruang dengan desain khusus.
Pada ruang bakar pribadi mesin diesel, ada beberapa jenis ruang bakar pribadi yang masih digunakan sampai dikala ini, diantaranya yaitu :
a. Semi Spherical Type
Pada jenis ruang bakar ini, ruang bakar berbentuk setengah bulat. Dimana bentuk ini dibuat pada kepada piston.
b. Spherical Type
Pada jenis ruang bakar ini, ruang bakar berbentuk bulat penuh. Dimana bentuk ini dibuat pada kepada piston.
c. Multi Spherical Type
Pada jenis ruang bakar ini, ruang bakar berbentuk dua bulatan penuh . Dimana bentuk ini dibuat pada kepada piston.
Keuntungan Ruang bakar tipe injeksi Langsung
a). Penampang permukaan ruang injeksi pribadi yang kecil sanggup mengurangi kerugian panas sehingga menaikkan temperatur udara yang dikompresikan dan menyempurnakan pembakaran. Pada tipe ini pemanasan awal tidak diharapkan untuk start dengan suhu udara sekitarnya normal. Efisiensi pana yang tinggi disini juga sanggup meningkatkan output dan menghemat penggunaan materi bakar diesel.
b). Struktur cylinder head lebih sederhana, jadi kemungkinan detonation alasannya yakni panas akan lebih kecil
c). Karena kerugian panasnya kecil, maka perbandingan kompresinya sanggup diturunkan.
Kerugian Ruang bakar tipe injeksi langsung
a). Pompa injeksi harus bisa menghasilkan tekanan tinggi yang diharapkan untuk meng atomisasikan materi bakar dengan memaksanya keluar melalui nozle tipe berlubang banya (multi hole)
b). Kecepatan maximumnya lebih rendah alasannya yakni pusaran adonan materi bakar lebih kecil daripada tipe ruang bakar komplemen (auxilary combustion chamber)
c). Tekanan pembakaran yang tinggi menjadikan bunyi yang lebih keras dan resiko knocking lebih besar
d). Mesin sangat peka terhadap kualitas materi bakar, biasanya diharapkan materi bakar yang bermutu tinggi
Pada perkembangan teknologi mesin diesel masa kini, jenis ruang bakar pribadi menjadi pilihan sempurna bagi industri otomotif dikala ini. Karena kelebihan ruang bakar jenis ini, mesin diesel tidak membutuhkan pemanas awal menyerupai busi pijar (Glow plug) yang membantu memanaskan ruang bakar pada awal stater pada kondisi mesin dingin.
2. Ruang Bakar Tidak Langsung
Pada jenis ruang bakar tidak langsung, nozle injector tidak pribadi menyemprotkan materi bakar ke dalam ruang pembakaran. Melainkan pada ruang mediator sebelum masuk kedalam ruang bakar. Adapun jenis ruang bakar tidak pribadi pada mesin diesel yaitu :
a. Swirl Chamber Type
b. Precombution Chamber Type
Pada perkembangannya jenis ruang bakar tidak pribadi pada mesin diesel sudah jarang digunakan paad kenderaan - kenderaan dikala ini, alasannya yakni jenis ini harus memakai busi pijar sebagai pemanas awal.
Berikut jenis-jensi ruang bakar mesin diesel.
1. Ruang Bakar Injeksi Langsung
Penampang ruang bakar pribadi mesin diesel |
Pada ruang bakar pribadi mesin diesel, ada beberapa jenis ruang bakar pribadi yang masih digunakan sampai dikala ini, diantaranya yaitu :
a. Semi Spherical Type
Semi Spherical Type |
b. Spherical Type
Spherical Type |
c. Multi Spherical Type
Multi Spherical Type |
Keuntungan Ruang bakar tipe injeksi Langsung
a). Penampang permukaan ruang injeksi pribadi yang kecil sanggup mengurangi kerugian panas sehingga menaikkan temperatur udara yang dikompresikan dan menyempurnakan pembakaran. Pada tipe ini pemanasan awal tidak diharapkan untuk start dengan suhu udara sekitarnya normal. Efisiensi pana yang tinggi disini juga sanggup meningkatkan output dan menghemat penggunaan materi bakar diesel.
b). Struktur cylinder head lebih sederhana, jadi kemungkinan detonation alasannya yakni panas akan lebih kecil
c). Karena kerugian panasnya kecil, maka perbandingan kompresinya sanggup diturunkan.
Kerugian Ruang bakar tipe injeksi langsung
a). Pompa injeksi harus bisa menghasilkan tekanan tinggi yang diharapkan untuk meng atomisasikan materi bakar dengan memaksanya keluar melalui nozle tipe berlubang banya (multi hole)
b). Kecepatan maximumnya lebih rendah alasannya yakni pusaran adonan materi bakar lebih kecil daripada tipe ruang bakar komplemen (auxilary combustion chamber)
c). Tekanan pembakaran yang tinggi menjadikan bunyi yang lebih keras dan resiko knocking lebih besar
d). Mesin sangat peka terhadap kualitas materi bakar, biasanya diharapkan materi bakar yang bermutu tinggi
Pada perkembangan teknologi mesin diesel masa kini, jenis ruang bakar pribadi menjadi pilihan sempurna bagi industri otomotif dikala ini. Karena kelebihan ruang bakar jenis ini, mesin diesel tidak membutuhkan pemanas awal menyerupai busi pijar (Glow plug) yang membantu memanaskan ruang bakar pada awal stater pada kondisi mesin dingin.
2. Ruang Bakar Tidak Langsung
Pada jenis ruang bakar tidak langsung, nozle injector tidak pribadi menyemprotkan materi bakar ke dalam ruang pembakaran. Melainkan pada ruang mediator sebelum masuk kedalam ruang bakar. Adapun jenis ruang bakar tidak pribadi pada mesin diesel yaitu :
a. Swirl Chamber Type
Swirl Chamber Type |
b. Precombution Chamber Type
Precombution Chamber Type |
Tag :
mesin