membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Membahas Perhitungan Denda Keterlambatan Angsuran Kredit Motor

Di artikel sebelumnya kita telah membahas ihwal pentingnya membayar angsuran kredit motor anda sempurna waktu. Salah satu poin yang kami tekankan ialah bahwa membayar angsuran kredit motor anda telat sanggup merugikan anda alasannya ialah ada denda keterlambatan yang perlu dibayarkan.
Di artikel ini kami akan membahas seputar perhitungan denda kredit motor.
(Pada artikel ini kami hanya membahas perhitungan denda kredit dengan leasing FIF & Adira. Untuk leasing lain nominalnya mungkin sedikit berbeda tetapi secara garis besar tetap sama)

1. Cara Menghitung Denda Keterlambatan Pembayaran Angsuran Kredit Motor

Pembayaran denda terhitung semenjak hari pertama anda terlambat. Denda perharinya dihitung 0,5% dari nominal angsuran.
Contoh apabila jatuh tempo anda setiap tanggal 10 dan anda gres membayar angsuran pada tanggal 15 maka anda sudah terhitung denda selama 5 hari. Jika nominal angsuran anda sebesar 650,000, perhitunggan denda perharinya ialah 650,000 x 0,5% = 3,250 (per hari). Maka perhitungan total dendanya ialah sebesar 3,250 x 5 hari = 16,250.

2. Cara Membayar Denda Keterlambatan Pembayaran Angsuran Kredit Motor

Pembayaran denda sanggup dilakukan pada dikala pembayaran angsuran, ataupun pada dikala selesai masa angsuran.
Pada beberapa leasing terdapat perbedaan dalam membayar denda, misalnya :
    • Pada leasing FIF untuk denda dibawah 25,000 maka pembayaran denda sanggup dilakukan pada dikala anda membayar angsuran melalui transfer atau kantor pos ataupun Alfamart. Tetapi untuk denda diatas 25,000 maka anda hanya sanggup membayar denda tersebut dengan tiba eksklusif ke kantor cabang leasing.
    • Pada leasing Adira, pembayaran denda hanya sanggup dilakukan di kantor leasing yang bersangkutan.
Apabila anda tidak membayar denda pada dikala pembayaran angsuran maka jumlah total denda anda akan diakumulasi dan perlu dibayarkan pada dikala pengambilan BPKB anda.
Apabila anda sudah terlambat membayar angsuran lebih dari 30 hari maka pembayaran angsuran harus dilakukan eksklusif di kantor cabang leasing alasannya ialah pembayaran tidak sanggup dilakukan via transfer.

3. Masa Toleransi Keterlambatan Pembayaran Angsuran Kredit Motor

Masa toleransi keterlambatan pembayaran biasanya berbeda beda untuk setiap leasing.
Secara garis besar, berikut ialah masa toleransinya.
      • Untuk keterlambatan 60 – 90 hari maka motor anda sanggup ditarik oleh pihak leasing. Pada mekanisme penarikan, nama anda juga akan diblacklist oleh leasing tersebut sehingga anda tidak sanggup mengajukan kredit kembali pada leasing yang sama.

Kesimpulan

Alangkah baiknya jikalau anda sanggup membayar angsuran anda sempurna waktu.
Selain anda tidak harus membayar denda, pastinya anda akan gampang untuk mengajukan kredit motor kembali di kemudian harinya pada leasing yang sama.
Semoga artikel ini sanggup memperlihatkan motivasi anda semoga anda membayar angsuran sempurna waktu.
Baca Juga:
Tag : lainnya
Back To Top