membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Ini Dia Perbedaan Mobil Honda Jazz Dan Mobilio Pada Mesinnya



Jakarta - Pernahkah Anda mendengar mengenai kabar mesin Honda Jazz sama dengan mesin Mobilio? Nah, kali ini kita akan membahasnya secara lebih mendetail mengenai kedua mesin mobil produksi PT Honda Prospect Motor tersebut.


Sebenarnya mesin Honda Jazz berbeda dengan Honda Mobilio, hal ini dapat dilihat dari kode mesin yang digunakan pada masing-masing mobil tersebut, terutama pada bagian kode buntutnya. Mesin Honda Jazz menggunakan mesin yang berkode L15A, sedangkan untuk Honda Mobilio menggunakan mesin berkode L15Z1 yang hampir sama dengan mobil Honda City produksi tahun 2014.

Perbedaan mesin tentu mempengaruhi performa serta tenaga yang dihasilkannya. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil Mobilio adalah sebesar 118 PS pada kecepatan 6.600 Rpm dengan torsi maksimal sebesar 145 Nm pada kecepatan 4.600 Rpm.



Sedangkan pada mesin Honda Jazz, tenaga yang dihasilkan lebih besar yaitu sebesar 120 PS pada kecepatan 6.600 Rpm dengan torsi maksimal sebesar 145 Nm pada kecepatan 4.800 Rpm. Lalu apakah hal ini menjelaskan bahwa tenaga yang dihasilkan Honda Jazz lebih unggul dibandingkan dengan Mobilio.? Jawabannya tidak juga, sebab mesin Mobilio telah mendapatkan banyak perubahan serta penyempurnaan sistem yang dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih baik dibandingkan dengan performa mesin.

Mesin Mobilio sebenarnya telah dirubah dan disempurnakan sedemikian rupa sehingga menghasilkan putaran mesin yang lebih merata, mulai dari putaran bawah dan putaran atasnya. Kondisi ini terjadi berkat teknologi Lo-Hi VTEC yang mampu bekerja di putaran atas dan bawah. Hal ini juga terjadi pada penggunaan double needle plug dan low tension oil seal serta piston yang lebih rendah gesekan akibat penggunaan zigzag pattern coating.

Salah satu faktor penting yang diperhitungkan oleh Honda untuk memberikan resin intake yang terintegrasi dengan bahan plastik seperti mobil saat ini adalah dengan menurunkan bobot mesin kendaraan. Lalu mengapa tenaga mesin yang dihasilkan lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil Honda City 2014? Hal ini mungkin saja diakibatkan oleh berbagai penyesuaian yang dilakukan oleh Honda Indonesia sebab Indonesia sendiri untuk mobil kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) masih banyak yang menggunakan BBM bersubsidi.

Jadi walaupun jenis mesin Mobilio berbeda dengan Honda Jazz, Anda tidak perlu khawatir, sebab mesin L15Z1 merupakan pengembangan dari mesin L 15A yang lebih advanced sehingga lebih hemat bahan bakar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tag : Honda, Mobil
Back To Top