membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Bentuk - Bentuk Pelek Roda Berdasarkan Standar Japanes Standart Industries ( Jis )

Jepang memliki standar tersendiri dalam bidang otomotif, ini sebab memang negara tersebut menjadi salah satu negara yang memproduksi kendaraan terbanyak di dunia. Maka tak heran bila kendaraan beroda empat - kendaraan beroda empat jepang mempunyai standar tersendiri yang memudahkan kita dalam mengidentifikasi. Salah satunya ialah pelek roda pada kendaraan beroda empat yang mempunyai bentuk - bentuk yang berbeda.


Penggunaan pelek (atau rim) yang benar  akan bermanfaat  bagi kemampuan ban yang  digunakan dan keamanan dalam  mengendarai mobil. Menurut standard industri Jepang (JIS), pelek dibagi menjadi enam kategori sebagai berikut :


Kode - arahan pelek pada standar JIS ialah sebagai berikut :



1, Divided Type Rim

Pelek jenis ini digunakan untuk kendaraan beroda empat kecil, mesin pertanian, dan kendaraan industri  (forklift  dan
sebagainya).  Devide Type Rim paling cocok untuk keperluan buka dan pasang ban secara mudah. Tempat kedudukan bead tidak datar, tetapi miring pada  kedua sisi, menurun kearah sentra dan membentuk apa  yang dinamakan “taper”.  Bead yang miring mencegah  penggeseran dan akan menghasilkan pegangan yang berpengaruh dari bead dan pelek.

2. Drop Center Rim

Pelek ini digunakan terutama untuk kendaraan beroda empat sedan dan truk  kecil.  Terdiri  dari satu penggalan saja (Devide type terdiri dari dua bagian). Bentuk  penggalan tengah yang cekung dimaksudkan untuk memudahkan pemasangan bead. Disini juga ada “taper” untuk mencegah pergeseran diantara ban dan pelek.

3. Wide Drop Center Rim

Belakangan ini ban de ngan tekanan angin rendah telah  digunakan untuk menambahkan kenyamanan dalam mengendarai mobil. Ban-ban tersebut lebih lebar daripada jenis yang biasa dan oleh sebab itu,
memerlukan suatu Wide Drop Center Rim (lebih lebar).  Kebanyakan ban ini digunakan untuk kendaraan beroda empat sedan dan  truk kecil.

4. Semi Drop Center Rim

Semi Drop Center Rim digunakan terutama untuk ban truk kecil. Bentuk penggalan tengah yang sedikit cekung memudahkan penggantian ban. Kontak antara ban dan  pelek diperbesar dengan adanya “taper”. Hasilnya lebih  baik dari pada yang diberikan oleh jenis Flat Base biasa.  Semi Drop Center Rim terdiri dari 3 penggalan untuk memudahkan penggantian ban. Cincin yang dipasang diantara flens dan pelek induk disebut Cincin Pengunci (Lock Ring).Tetapii cukup umur ini, pelek dengan 2 bagian  (tanpa cincin pengunci) lebih sering digunakan, bagian  yang sanggup dilepas disebut Cincin Samping (Side Ring).

5. Flat Base Rim

Flat Base Rim dig Flat Base Rim digunakan untuk truk  dan bus. Struktur pelek rata dan berpengaruh dan oleh karena  itu, sanggup menahan beban yang lebih berat. Seperti pada  semi drop center rim, pelepasan dari cincin samping ialah untuk pemasangan dan pelepasan ban. Pelek jenis ini kini dibentuk lebih lebar. Tempat kedudukan  bead sebelah kiri pada gambar diatas,tidak begitu terang kelihatan tetapi ada “taper“ sedikit. Pada sisi dimana cincin samping berada, tidak ada taper. Makara disini pasangan bead tidak begitu baik, sebab itu tidak direkomendasikan pemakaian pelek jenis ini



Tag : chasis
Back To Top