membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Apa Itu Pilar Pada Kendaraan Beroda Empat ? Ini Ia Penjelasannya

Jika sebuah rumah memerlukan batang penyangga ( tiang beton ) sebagai rujukan beban utama pada sebuah bangunan, maka pada mobilpun juga demikian. Yang mana pada kendaraan beroda empat memiliki beberapa tiang - tiang penyangga beberapa bab penting pada kendaraan. Tiang - tiang inilah yang disebut sebagai pilar pada mobil.

Banyaknya jumlah pilar - pilar pada kendaraan kendaraan beroda empat berbeda - beda, tergantung dari jenis kendaraan beroda empat tersebut. Tetapi intinya hanya terdiri dari 3 atau 4 pilar pada setiap kendaraan.


Selain sebagai penopang utama untuk komponen, pilar pada kendaraan beroda empat juga berfungsi sebagai faktor pengamanan untuk para penumpang didalamnya. Dimana pilar terletak pada lokasi - lokasi yang secara tidak langusng melindingi penumpang dari benturan luar.

Pilar - pilar ini juga sebagai bidang desain untuk membuktikan bentuk lekukan pada kendaraan. Hal ini memudahkan kita untuk menganalisa bentuk lekukan bodi pada setiap pilar yang ada.

Jenis - jenis pilar pada kendaraan beroda empat Sedan

Seperti yang terihat pada gambar diatas bahwa pilar - pilar pada kendaraan beroda empat sedan berjumlah 3, yakni pilar A, pilar B, dan pilar C. Adapun fungsi - fungsi pada setiap pilar yakni sebagai berikut :

Jika sebuah rumah memerlukan batang penyangga  Apa Itu Pilar Pada Mobil ?  Ini Dia Penjelasannya
Pilar pada jenis kendaraan beroda empat Sedan
1. Pilar A terletak pada bab paling depan kendaraan, berfungsi sebagai penopang beling depan kendaraan beroda empat dan melindungi penumpang dari benturan bab depan.

2. Pilar B terletak dibagian tengah kabin dan berbatasan antara penumpang pada cabin bab depan ( pengemudi ) dan penumpang. Pilar B berfungsi sebagai dudukan safety belt ( sabuk pengamanan ) untuk penumpang depan.

3.Pilar C terletak dipaling belakang pada kendaraan beroda empat jenis sedan. Mempunyai fungsi yang sama pada pilar B yakni sebagai dudukan safety belt ( sabuk pengamanan ) untuk penumpang. Selain itu, ia juga berfungsi sebagai dudukan beling kendaraan beroda empat bab belakang. Pilar - pilar ini menjadi rangka utama pada kendaraan beroda empat yang saling berkaitan.

Sedangkan pada jenis kendaraan beroda empat SUV ( Sport Utility Vehicle ) jumlah pilar nya 4, yakni pilar D yang terdapat pada bab belakang. Jenis SUV memang lebih panjang kalau dibandingkan jenis sedan. Sehingga membutuhkan pilar pelengkap untuk menopang beban - beban pelengkap pada bab belakang.

Jika sebuah rumah memerlukan batang penyangga  Apa Itu Pilar Pada Mobil ?  Ini Dia Penjelasannya
Pilar pada kendaraan beroda empat jenis SUV 

Pilar D pada kendaraan beroda empat jenis SUV berfungsi sebagai dudukan beling belakang dan juga  penahan / penopang bab bagasi belakang.


Tag : Artikel, chasis
Back To Top