Steering lingkage terdiri dari rod dan arm yang meneruskan tenaga gerak dari steering gear ke roda depan bab kanan dan kiri. Walaupun kendaraan beroda empat bergerak naik turun, gerakan roda kemudi harus diteruskan keroda-roda depan dengan sangat sempurna (akurat) setiap saat. Dengan alasan itulah, steering lingkake didesain plaksibel dan harus sanggup meneruskan putaran dari gear box.
Ada beberapa tipe steering lingkage dan konstruksi joint yang dirancang untuk tujuan tersebut. Bentuk yang sempurna mempengaruhi kestabilan pengendaraan.
1. Steering Lingkake untuk suspensi Rigid
Steering lingkake jenis ini dipakai untuk jenis suspendi depan yang memakai suspensi rigid. Suspensi rigid yakni jenis suspensi yang menopang pada satu poros yang bersatu. Artinya, gerakan naik dan turunnya roda sebelah kanan dan kiri selalu sama. Jenis rigid ini dipakai untuk kendaraan - kendaraan dengan beban berat menyerupai truck.
Tipe ini terdiri dari pitman arm,drag link,knukle arm, tie rod, dan tie rod end. Tie rod memiliki pipa untuk menyetel panjangnya rod.
2. Steering Lingkake untuk suspensi independent
Jenis steering ini keterbalikan dari yang jenis rigid. Yang mana jenis suspensi ini memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik dibanding rigid. Mengapa demikian ? alasannya yakni naik turunnya roda sebelah kanan dan kiri tidak bersamaan alasannya yakni tidak menempel pada satu sumbu. Melainkan menempel pada frame ( bodi ) kendaraan. Sehingga memungkinkan kendaraan dalam keadaan seimbang walau pada posisi melewati jalan yang tidak rata.
Banyaknya persambungan pada jenis ini harus menjamin diteruskan gerakan dari steering gear dengan baik dan presisi.
Ada beberapa tipe steering lingkage dan konstruksi joint yang dirancang untuk tujuan tersebut. Bentuk yang sempurna mempengaruhi kestabilan pengendaraan.
1. Steering Lingkake untuk suspensi Rigid
Steering lingkake untuk suspensi rigid |
Steering lingkake jenis ini dipakai untuk jenis suspendi depan yang memakai suspensi rigid. Suspensi rigid yakni jenis suspensi yang menopang pada satu poros yang bersatu. Artinya, gerakan naik dan turunnya roda sebelah kanan dan kiri selalu sama. Jenis rigid ini dipakai untuk kendaraan - kendaraan dengan beban berat menyerupai truck.
Tipe ini terdiri dari pitman arm,drag link,knukle arm, tie rod, dan tie rod end. Tie rod memiliki pipa untuk menyetel panjangnya rod.
2. Steering Lingkake untuk suspensi independent
Steering lingkake untuk jenis suspensi independent |
Jenis steering ini keterbalikan dari yang jenis rigid. Yang mana jenis suspensi ini memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik dibanding rigid. Mengapa demikian ? alasannya yakni naik turunnya roda sebelah kanan dan kiri tidak bersamaan alasannya yakni tidak menempel pada satu sumbu. Melainkan menempel pada frame ( bodi ) kendaraan. Sehingga memungkinkan kendaraan dalam keadaan seimbang walau pada posisi melewati jalan yang tidak rata.
Banyaknya persambungan pada jenis ini harus menjamin diteruskan gerakan dari steering gear dengan baik dan presisi.
Tag :
lainnya