membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Fungsi Injection Nozle ( Injektor ) Dan Cara Kerjanya Pada Mesin Diesel


 Mesin diesel membutuhkan semprotan materi bakar yang berpengaruh sampai berkabut dengan tujuan ag Fungsi Injection Nozle ( Injektor ) Dan Cara Kerjanya Pada Mesin Diesel
Konstruksi Injektor Mesin Diesel

Mesin diesel membutuhkan semprotan materi bakar yang berpengaruh sampai berkabut dengan tujuan semoga terjadi pembakaran didalam ruang bakar sempurna. Maka komponen yang berfungsi untuk mengabutkan materi bakar solar ini yaitu injection nozel atau orang umum sering menyebutnya injektor.

Penginjeksian materi bakar solar berbeda dengan penyemprotan materi bakar besin EFI ( Electric Fuel Injection ). Perbedaan kedua sistem tersebut yaitu :

a. Motor Diesel
   - Penyemprotan materi bakar eksklusif kedalam ruang bakar atau ruang pengkabutan
   - Pembukaan Injektor ketika menyemprot diakibatkan alasannya yaitu tekanan materi bakar yang dihasilkan            oleh pumpa injeksi


b. Motor Bensin EFI
   - Penyemprotan materi bakar tidak eksklusif ke ruang bakar, melainkan disemprotkan di saluran              masuk intake manifold
   - Pembukaan injektor ketika penyemprotkan diakibatkan alasannya yaitu adanya signal listrik yang diberikan          oleh ECU ( Electronic Control Unit )

Dari perbedaan kedua sistem diatas kita sudah mengetahuinya, oleh alasannya yaitu itu metode cara kerja injektornya juga berbeda. Pada artikel ini kita hanya akan membahas fungsi injection nozle dan bagaimana cara kerjanya untuk menghasilkan materi bakar yang berkabut.

1. Jenis - jenis Injection Nozle

 Mesin diesel membutuhkan semprotan materi bakar yang berpengaruh sampai berkabut dengan tujuan ag Fungsi Injection Nozle ( Injektor ) Dan Cara Kerjanya Pada Mesin Diesel
Jenis - jenis Injektor

Nozzle sanggup diklasifikasikan :
-  Hole type :
1. Single hole
2. Multiple hole

-  Pin type :
3. Throttle
4. Pintle

Pada direct injection digunakan  injektor tipe multiple hole.  Pada precombustion chamber  dan swirl chamber digunakan  tipe pintle.

2. Kebutuhan Untuk Menyetel Tekanan Injeksi

 Mesin diesel membutuhkan semprotan materi bakar yang berpengaruh sampai berkabut dengan tujuan ag Fungsi Injection Nozle ( Injektor ) Dan Cara Kerjanya Pada Mesin Diesel
Menyetel Tekanan Injeksi
Tekanan injektor yang tidak tepat akan akan mengganggu ketika penginjeksian dan volume materi bakar yang diinjeksikan.

3. Cara Kerja Injektor 

a. Sebelum Penginjeksian
 Mesin diesel membutuhkan semprotan materi bakar yang berpengaruh sampai berkabut dengan tujuan ag Fungsi Injection Nozle ( Injektor ) Dan Cara Kerjanya Pada Mesin Diesel
Sebelum Penginjeksian

Bahan bakar yang bertekanan  tinggi mengalir dari pompa injeksi melalui oil passage menuju oil 
pool pada bab bawah nozzle body

b. Penginjeksian Bahan Bakar
 Mesin diesel membutuhkan semprotan materi bakar yang berpengaruh sampai berkabut dengan tujuan ag Fungsi Injection Nozle ( Injektor ) Dan Cara Kerjanya Pada Mesin Diesel
Waktu Penginjeksian Bahan Bakar
Bila tekanan pada oil pool naik,  ini akan menekan permukaan  nozzle needle. Bila tekanan ini 
melebihi tegangan pegas, maka  nozzle needle terdorong ke atas  dan menjadikan nozzle menyemprotkan materi bakar. 


c. Akhir Penginjeksian

 Mesin diesel membutuhkan semprotan materi bakar yang berpengaruh sampai berkabut dengan tujuan ag Fungsi Injection Nozle ( Injektor ) Dan Cara Kerjanya Pada Mesin Diesel
Akhir Penginjeksian
Bila pompa injeksi berhenti mengalirkan materi bakar, tekanan  materi bakar turun, dan pegas tekanan (pressure spring)  mengembalikan nozzle  needle ke posisi semula (menutup jalan masuk materi bakar).  Sebagian materi bakar yang  tersisa antara nozzle needle dan  nozzle body melumasi semua  komponen dan kembali ke pipa jalan masuk balik (over  flow pipe)
Tag : mesin
Back To Top