membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Front Wheel Aligment Caster, Kingpin Dan Offset

Setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai sudut Toe dan camber. Maka kedua hal tersebut akan sangat berkaitan dengan artikel ini yaitu caster, kingpin dan offset. Yang mana kesemuanya ini masuk dalam kategori front wheel aligment ( FWA ). Pengaturan sudut pada kedua roda depan yang bertujuan biar gampang dalam pengendalian dan mencegah biar ban tidak cepat aus.

Jadi, permasalahan yang terjadi pada front wheel aligment bisa anda lihat dengan cara melihat tingkat keausan pada potongan ban. Karena kesahalan dalam penyetelan front wheel aligment akan menimbulkan beban berlebih yang diterima oleh salah satu sisi ban saja.

Selain ban yang aus pada potongan tertentu saja, hal lain yang bisa kita rasakan akan kesalahan pada FWA ialah jalannya kendaraan cenderung narik ke sebagian sisi saja ( baik sebelah kanan ataupun kiri ). Hal ini ditandai dengan roda kemudi yang tidak bisa membisu ketika kita mencoba untuk melepaskannya pada ketika kenderaan berjalan.

A. Caster
Caster ialah kemiringan sumbu kemudi ( kingpin ) terhadap garis tengah roda secara vertical ( pegas suspensi ) kalau dilihat dari samping kendaraan. Fungsinya  ialah pada ketika jalan lurus,  caster akan mengarahkan roda biar tetap stabil dalam posisi lurus walau roda kemudi dilepas.


Desain ini gotong royong sangatlah seolah-olah dengan desain garpu pada batang sepeda. Karena dengan dibentuk miring, maka roda akan gampang dikendalikan. Sebaliknya, kalau garbu pada sepeda dibentuk lurus dengan posisi roda, maka hal ini tidak akan nyaman ketika dibawa berkendara dan sulit dalam pengendalian. Kita bisa lihat persamaannya pada gambar dibawah ini :



Daya pelopor F bekerja pada titik A dan menarik roda dititik B. tahanan gelinding roda menawarkan perlawanan ( reaksi ) yang arahnya berlawanan ( Fr ). Reaksi gaya gelinding roda yang ditarik akan selalu segaris dan arahnya berlawanan dengan arah gaya penggerak.
Saat jalan lurus caster berfungsi menggerakkan roda tetap stabil dalam posisi lurus walau roda kemud dilepas. Seperti pada gambar dibawah ini :


Keterangan gambar :
F   = Gaya penggerak
Fr  = Gaya yang digerakkan

Pengaruh caster terhadap sifat pengemudian
1. Caster terlalu Positive

- Makin besar penyetelan caster positive, makin besar kemampuan roda kembali ke posisi lurus
- Bila permukaan jalan jelek, getaran roda terasa berpengaruh dirasakan pada kemudi


2. Caster terlalu Negative
- Pada roda timbul getaran
-  Pada roda bergerak tidak stabil saal jalan lurus

B. Sudut King Pin
Sudut King Pin ialah kemiringan sumbu kingpin ( pegas suspensi ) terhadap garis vertikal kalau dilihat dari depan kendaraan. 


- Kingpin Pada Saat Kendaraan Berjalan Lurus
Keterangan :
TL = Tinggi ketika posisi lurus
Bersama dengan toe mempertahankan posisi roda biar tetap lurus

- Kingpin Pada Saat Kendaraan berbelok
Keterangan :
TB = Tinggi ketika posisi belok

Pada ketika belok kiri, king pin kiri terangkat naik, gerakan ke atas king pin diteruskan ke pegas dan body kendaraan. Perubahan tinggi king pin menimbulkan gaya balik kemudi ke posisi lurus

C. Offset
Jarak antara titik temu, garis tengah roda terhadap permukaan jalan dengan titik temu perpanjangan garis sumbu king pin terhadap permukaan jalan.
Pengaruh Offset

Keterangan Gambar :

- Jarak A ada disebelah dalam kendaraan
- “A” merupakan offset positive


Jika offset semakin besar menimbulkan :
Setir semakin besar, jarak titik temu garis sumbu roda dan kingpin dengan jalan semakin besar sehingga tenaga yang dipakai untuk memutar roda kemudi semakin berat
Yang mempengaruhi besarnya offset
- Camber
- Sudut king pin
- Lebar telapak ban







Tag : chasis
Back To Top