membahas, merawat, memperbaiki dan memberikan solusi kerusakan sepeda motor

Garis Besar Sistem Rem


Agar kecepatan kendaraan yang sedang berjalan sanggup dikurangi, dan lalu sanggup dihentikan, perlu diberikan gaya perlambatan putaran ban. Ketika pengemudi mengoperasikan pedal rem, maka piston  rem menghasilkan tenaga untuk menekan piringan rem adan juga drum rem, kesannya roda akan berputar lebih lambar dan terjadi gaya  lawan terhadap permukaan  jalan yang bekerja untuk menghentikan ban dan kekuatan (inertia) yang bekerja untuk menyerap tenaga yang menciptakan kendaraan itu berjalan, sehingga kendaraan sanggup dihentikan.

Dengan kata lain, tenaga dari ban (energi kinetik) yang bekerja untuk berotasi diubah menjadi ukiran panas (energi panas) dengan mengoperasikan rem yang bekerja untuk menghentikan rotasi ban.

Kendaraan bukan hanya harus berhenti tapi juga harus berhenti sesuai dengan kehendak pengemudi.
Sebagai contoh, rem harus menurunkan kecepatan kendaraan pada kecepatan yang diinginkan dari deselerasi (dari keceparan tinggi ke kecepatan rendah) dan berhenti pada kondisi yang relatif stabil pada jarak yang cukup singkat dikala pengereman darurat. Alat utama yang berperan pada fungsi perlambatan menyerupai ini yaitu sistem rem, termasuk di dalamnya yaitu pedal rem, dan ban.

 Agar kecepatan kendaraan yang sedang berjalan sanggup dikurangi Garis Besar Sistem Rem
Komponen-komponen Rem

Ada dua tipe sistem rem yang dipergunakan pada kendaraan beroda empat yaitu Rem kaki dan rem parkir. Sistem rem utama yang dipakai dikala kendaraan berjalan yaitu sistem rem kaki. Terdapat drum brake ( rem tromol)  dan disc brake (rem piringan)  yang umumnya bekerja dengan tekanan hidraulik (menggunakan minyak rem).

Sedangkan sistem rem parkir dipakai dikala kendaraan parkir. Sistem rem parkir bekerja hanya pada roda belakang memakai kabel-kabel atau sejenisnya sehingga kendaraan tidak bergerak.

Rem Anti Lock Brake Sistem
Perbedaan Pengereman Mobil Menggnukan ABS Dengn Rem Biasa

ABS yaitu unit pengendali rem yang memakai kontrol komputer otomatis untuk mencegah ban mengunci alasannya yaitu pengereman darurat. Sistem ini meningkatkan stabilitas kendaraan dan memperpendek jarak pengereman.

Karena dengan ABS ban-ban tidak mengunci dan roda tetap sanggup dikendalikan bahkan dikala rem ditekan secara mendadak. Sehingga kendaraan berada pada kondisi terkontrol dan sanggup berhenti dengan aman.
Tag : chasis
Back To Top